Biaya Pembuatan Septic Tank Jenis Beton, Plastik, Fiber

Biaya Pembuatan Septic Tank Jenis Beton, Plastik, Fiber. Jenis Septic Tank, Kelebihan dan Kekurangan Material Tangki Septik. Septic tank mengumpulkan kotoran dan mengolahnya dengan dekomposisi bakteri dan biasanya terletak di bawah tanah. Tangki septik yang baik tergantung pada jenis bahan yang digunakan untuk pembangunannya.

Berbagai jenis septic tank, kelebihan dan kelemahan Akan kami jelaskan secara singkat. Septic tank diklasifikasikan menjadi 4 jenis berdasarkan bahan yang digunakan untuk pembuatanya, yaitu:

 

Tangki septik beton sangat besar dan umumnya dipasang untuk memudahkan pemasangan. Tangki beton pracetak ini memiliki berat jenis sekitar 2,40, yang membuatnya kuat untuk menahan gaya apung ketika ditempatkan di tanah. Kekuatan beton juga meningkat secara bertahap seiring waktu.

Septic tank beton tersedia dalam dua jenis berdasarkan konfigurasi strukturalnya: tangki struktur tunggal atau sistem all-in-one. Dalam tangki struktur tunggal, setiap ruang (seperti ruang aerasi, penjernih, tangki sampah, dll.) Dipasang sebelumnya secara terpisah sementara dalam sistem all-in-one, semua ruang tersebut disediakan dalam satu tangki besar. Beberapa kelebihan dan kekurangan dari septic tank beton pracetak diberikan di bawah ini.

 

Septic tank baja terbuat dari baja dan paling tidak populer saat ini karena harganya dan daya tahan yang rendah. Masalah utama terkait dengan septic tank baja adalah mudah berkarat dan korosif dibandingkan dengan material lain.

Jika bagian atas tangki septik baja terkorosi, tidak dapat menahan beban apa pun di atasnya dan dapat runtuh tiba-tiba kapan saja. Oleh karena itu, saat memeriksa septic tank baja, perawatan harus dilakukan. Septic tank jenis ini tidak direkomendasikan saat ini.

 

Tangki septik plastik terbuat dari plastik polietilen, Disebut sebagai tangki septik poli. Mereka adalah alternatif yang baik untuk septic tank beton dan baja karena lebih ringan dan tahan karat. Bobot yang lebih ringan membuatnya lebih mudah untuk menangani dan memasang tangki septik plastik.

Tangki septik plastik memiliki berat jenis sekitar 0,97 yang lebih kecil dari berat jenis air yang membuat tangki mengapung ketika permukaan air lebih dekat darinya. Oleh karena itu, sebelum memasang tangki septik plastik, harus memeriksa permukaan air di daerah tersebut atau memberikan penahan ke tangki sehingga mengambang atau bergesernya tangki dapat dihilangkan. Keuntungan dan kerugian dari septic tank plastik adalah sebagai berikut.

 

Tangki septik fiberglass dibuat menggunakan plastik yang diperkuat serat (FRP). Mirip dengan tangki septik plastik tetapi penguatan serat gelas membuat lebih kuat dari tangki plastik. Fiberglass juga ringan dan mudah ditangani.

Bobot yang lebih ringan dari tangki dapat menyebabkan mengambang atau bergesernya tangki yang dapat dihilangkan dengan menjangkarkan tangki dengan benar ke tanah. Beberapa kelebihan dan kekurangan dari septic tank fiberglass adalah sebagai berikut:

Seperti tangki septik plastik, tangki septik fiberglass juga tidak dapat menahan gaya apung dan akan mengapung atau bergeser ketika permukaan air lebih dekat.

 

 

Umumnya pekerjaan pembuatan septic tank ini memerlukan waktu kurang lebih selama 7 hari. Sebagai contoh ongkos tukang dan pekerja masing-masing Rp 120.000 serta Rp 100.000, maka perhitungannya akan seperti di bawah ini.

Dari data perhitungan di atas, total biaya pembuatan septic tank dari pembelian material hingga ongkos pekerja yaitu sekitar Rp 2.062.500 + Rp 1.540.000 = Rp 3.602.500.