BMS Baterai Custom Vs Pabrikan, Mana yang Jadi Pilihan Ideal?

BMS Baterai Custom Vs Pabrikan, Mana yang jadi Pilihan Ideal?. Sistem manajemen baterai siap pakai, juga disebut BMS komersial atau standar, dibuat oleh berbagai produsen untuk aplikasi bergerak dan stasioner.

Kendaraan listrik, utilitas, dan sistem tenaga cadangan hanyalah beberapa dari produk yang mengandalkan sistem manajemen baterai untuk memantau kesehatan dan status sel baterai. Untuk beberapa produk standar dengan kebutuhan paket baterai sederhana, Anda dapat memutuskan untuk menggunakan sistem manajemen baterai siap pakai untuk menjaga biaya tetap rendah.

Di sisi lain, sistem manajemen baterai kustom menawarkan kontrol lebih kepada pelanggan atas produk yang akan diterima. Sistem ini dapat dirancang untuk bekerja dengan aplikasi tertentu dan memiliki fitur yang paling diinginkan oleh pelanggan. Beberapa produsen BMS kustom dapat bekerja dari bawah ke atas, sementara yang lain akan menggunakan desain BMS pihak ketiga dan kemudian menambahkan fitur berdasarkan spesifikasi pelanggan. Karena penyesuaian, harga produksi lebih tinggi untuk sistem yang dibuat khusus.

Tidak seperti sistem manajemen baterai khusus yang dirancang dengan fitur spesifik yang diinginkan pelanggan; sistem off-the-shelf memiliki keterbatasan karean didesain untuk kebutuhan pasar umum. Anda harus mengetahui tentang batasan ini untuk membantu Anda memutuskan apakah sistem akan cukup berfungsi dengan paket baterai yang ditentukan.

 

Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua dalam hal sistem manajemen baterai siap pakai dan konfigurasi sel. Banyak sistem dirancang untuk bekerja dengan aplikasi tertentu, seperti baterai bertegangan rendah, paket traksi untuk kendaraan listrik, atau sistem baterai yang terkoneksi dengan jaringan dan di luar jaringan.

Beberapa sistem baterai siap pakai bekerja dengan kimia lithium-ion saja, sementara yang lain akan bekerja dengan paket baterai lithium-ion dan timbal asam. Mungkin juga hanya ada baterai litium tertentu yang dirancang untuk model siap pakai, seperti baterai Lithium Ion Phosphate (LiFePO4) tegangan menengah 3,3v atau baterai Lithium Nickel Manganese Cobalt Oxide (LiNiMnCo02) tegangan menengah.

Untuk produsen sistem manajemen baterai (BMS) siap pakai, mereka harus bersaing satu sama lain untuk menarik berbagai aplikasi dan industri. Karena faktor-faktor ini, mereka akan memuat fitur-fitur tertentu ke dalam sistem manajemen baterai yang diinginkan oleh sebagian besar pelanggan atau mungkin mengkhususkan fitur baterai untuk ceruk konsumen tertentu.

Namun, tidak setiap fitur akan berhasil. Sistem manajemen baterai mungkin harus dibatasi ukurannya berdasarkan aplikasinya, karena batasan ukuran juga akan membatasi jumlah komponen yang dapat ditempatkan ke dalam kotak packing.

Sebagian besar sistem manajemen baterai khusus dan siap pakai akan fokus pada fitur utama perlindungan sel baterai, pemantauan batas pengisian / pengosongan, dan menjaga baterai tetap siap untuk memberi daya pada aplikasi tertentu. Namun, sistem manajemen baterai kustom juga dapat menawarkan fitur tambahan yang tidak termasuk dalam model pabrikan. Fitur-fitur ini mungkin termasuk:

 

Sistem manajemen baterai siap pakai akan melalui pengujian desain berdasarkan konfigurasi sel tertentu, ukuran baterai, dan format baterai tempat produk dibuat dan diiklankan kepada pelanggan. Namun, pelanggan akhir harus melakukan pengujian setelah BMS dipasang ke paket baterai.

Pengujian ini harus memastikan bahwa sistem manajemen baterai akan mematikan unit baterai selama pengisian dan pengosongan. Anda juga harus memantau paket baterai dan sistem BMS selama siklus pengisian dan pengosongan pertama untuk memastikan pengoperasian yang benar.

Tidak setiap sistem manajemen baterai siap pakai menginstal perangkat lunak terprogram. Beberapa produsen menyediakan teknologi BMS analog dengan detektor kesalahan. Seiring kemajuan teknologi, lebih banyak sistem BMS siap pakai dengan tampilan digital dan perangkat lunak yang dapat diprogram internal telah tersedia. Fitur untuk sistem ini mungkin berbeda, karena dapat hadir dengan antarmuka GUI, tampilan SOC, pengukur dasbor, dan tampilan status.

Beberapa produsen sistem siap pakai akan mengupayakan pengujian independen terhadap sistem BMS mereka. Pengujian ini akan dilakukan oleh organisasi seperti Underwriters Laboratories (UL) karena produsen dapat menyertakan sertifikat atau simbol organisasi pada kemasan.

Produsen khusus melakukan pengujian pada semua sistem manajemen baterai. Mereka sering melakukan pengujian ini dengan memiliki contoh paket baterai. Jadi, Anda tahu bahwa BMS khusus tertentu akan berfungsi dengan baik dengan baterai yang akan digunakan.

Sumber: https://blog.epectec.com