Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketahanan Abrasi pada Permukaan Beton

Faktor utama yang mengontrol ketahanan abrasi beton adalah kekuatan tekan beton. Semakin tinggi kekuatan beton, semakin baik ketahanan beton terhadap abrasi.

Terlepas dari kekuatan beton, ada beberapa faktor seperti penggunaan w / cm kurang dari 0,45, penggunaan getar kering dan topping, teknik finishing, dan curing yang memadai yang mempengaruhi ketahanan abrasi beton.

Ketahanan abrasi didefinisikan sebagai kemampuan permukaan beton untuk menahan gaya aus karena roda baja bergulir, tergores oleh palet dan kaki diam, deretan truk forklift, atau bahkan dampak dari benda yang jatuh.

Faktor-faktor yang secara langsung mempengaruhi kekuatan beton akan mempengaruhi ketahanan abrasi beton juga. Misalnya, rasio air terhadap semen yang rendah, nilai kemerosotan yang rendah, agregat bertingkat baik, dan kadar udara.

Rasio w / c rendah hingga sedang memastikan penurunan air bebas dalam beton. Meningkatkan kekompakan beton dan mengurangi permeabilitas yang meningkatkan kekuatan beton dan ketahanan abrasi.

Penggunaan agregat halus dan kasar bergradasi baik dapat mengoptimalkan kemampuan kerja dan meminimalkan kadar air. Ini akan sangat meningkatkan kekuatan beton.

Kadar udara tidak hanya mengarah pada pengurangan kekuatan beton tetapi juga berkontribusi pada delaminasi permukaan beton.

Jadi, kadar udara tidak harus dipertimbangkan untuk beton ketika resistensi abrasi diperlukan kecuali pertimbangan khusus diikuti. Misalnya, pengerasan permukaan tidak boleh dilakukan pada beton yang memiliki kadar udara total lebih dari 3 persen.

Prosedur curing yang tepat adalah elemen utama dalam konstruksi permukaan lantai dengan ketahanan abrasi yang memuaskan. Ini karena ini berkontribusi pada peningkatan kekuatan dan ketangguhan beton.

Karakteristik ini adalah faktor paling penting untuk memastikan ketahanan terhadap abrasi permukaan. Menjaga beton terus menerus basah adalah rezim pengasapan yang diinginkan untuk sebagian besar lantai beton, seperti lembaga beton Amerika.

 

Ditunjukkan bahwa, jika disembuhkan dengan baik dan benar, beton polimer, beton yang diresapi polimer, beton epoksi, semen kalsium aluminat, dan semen kalsium sulfoaluminat memberikan ketahanan abrasi yang luar biasa.

 

Penggunaan lantai dua arah menggunakan topping kekuatan tinggi lebih dari 40MPa akan memberikan ketahanan abrasi yang sangat baik. Meskipun demikian, jenis lantai ini lebih mahal dibandingkan dengan lantai konvensional lainnya. Harus diketahui bahwa lantai dua arah digunakan ketika abrasi dan ketahanan benturan diperlukan.

 

Jenis agregat ada di antara faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan abrasi beton. Penggunaan agregat keras dan keras dapat meningkatkan umur lantai, seperti lantai gudang, yang mengalami abrasi parah oleh baja atau lalu lintas roda keras.

Agregat tahan abrasi umumnya digunakan sebagai getar kering atau topping berikat kekuatan tinggi. Shake kering adalah campuran agregat dengan semen yang diaplikasikan kering ke permukaan beton selama operasi finishing.

Ketika ketahanan abrasi menjadi perhatian mendasar, maka kuarsa, traprock, agregat ampelas berkualitas tinggi direkomendasikan untuk digunakan karena agregat tersebut meningkatkan kekuatan permukaan beton. Ketahanan abrasi permukaan beton dapat lebih ditingkatkan dengan menggunakan agregat logam dengan semen.

Akhirnya, tidak disarankan untuk menggunakan agregat ringan untuk tujuan ketahanan abrasi yang tinggi. Dan ketahanan abrasi permukaan beton yang mengandung agregat daur ulang tergantung pada kekuatan tekan dan jenis agregat.

 

Penggunaan waktu dan prosedur finishing yang tepat adalah faktor lain yang mempengaruhi ketahanan abrasi beton. Operasi apung dan troweling dimulai ketika permukaan beton hilang.

Jadi, pekerjaan finishing harus ditunda sampai permukaan beton mencapai titik ini. Periode penundaan didasarkan pada suhu, kelembaban, pergerakan udara, dan bahan semen tambahan yang digunakan.

Akhirnya, genangan air tidak boleh dikerjakan di permukaan beton karena mengurangi kekuatan tekan pasta permukaan.

 

Pengeringan vakum mengurangi rasio w / cm yang mengarah pada peningkatan kekuatan beton dan ketahanan abrasi, tetapi orang harus sadar bahwa kualitas permukaan yang telah selesai masih sangat tergantung pada waktu penyelesaian.