Harga Eksport Kayu Mahoni dan Spesifikasi yang Disukai Market Luar Negeri

Harga Eksport Kayu Mahoni dan Spesifikasi yang Disukai Market Luar Negeri. Salah satu komoditas internasional kayu yang cukup diminati adalah kayu mahoni. Sebab kayu mahoni memiliki tampilan dengan serat yang halus dan tekstur yang soft. Indonesia salah satu pengeksport kayu mahoni untuk pasar China dan Eropa.

Selain China Eksport kayu mahoni juga didominasi oleh Brazil dan Afrika. kayu Mahoni Afrika saat ini menjadi favorit karena karakter kayu yang lebih keras, warna merah dalam, dan dimaeternya besar.

Di Indonesia untuk eksport kayu mahoni diwajibkan melakukan prosesing hingga setengah jadi atau barang jadi. Misalnya sudah diketam 4 sisi atau S4S, bentuk T&G, papan Strip, atau bentuk furniture.

Kayu mahoni, yang memiliki nama ilmiah Swietenia Macrophylla, tumbuh subur di daerah tropis di amerika latin dan asia terutama di Indonesia. Pohon mahoni sering ditemukan tumbuh subur diantara pohon jati di pulau jawa, atau ditanam di tepi jalan sebagai tanaman pelindung.

Kayu mahoni memiliki berat jenis 550 – 650 kg/m3. Nilai janka hardness kayu mahoni mencapai 300-500, serta memiliki kuat lentur 400 – 900 kg/m3 dan kuat desak 300 – 650 kg/m3. Dengan tingkat kelas kuat II / III, kayu mahoni memiliki kekuatan menahan beban cukup baik, baik searah serat kayu, maupun tegak lurus kayu.

Dengan tingkat kelas awet III, kayu mahoni jika ditempatkan berhubungan langsung dengan tanah lembab, hanya mampu bertahan hingga 3 tahun, jika ditempatkan pada tempat yang tidak terlindung terhadap angin dan cuaca (exterior) namun terlindung dari air dapat bertahan hingga 10 tahun, jika ditempatkan pada tempat yang terlindung dari angin, cuaca dan air (interior), dapat bertahan sangat lama.

Kayu mahoni dapat diserang oleh serangga dan jamur, cukup cepat pula dimakan oleh rayap. Jika dilakukan pengawetan, ditempatkan pada tempat yang terlindung dari angin, cuaca dan air, kayu mahoni dapat bertahan jauh lebih lama hingga waktu tak terbatas.

Kayu mahoni karena tidak tahan cuaca outdoor, seringkali dipakai di dalam bangunan seperti mebel, dinding kayu / lumberseering, kusen, pintu, jendela, komponen tangga, lis profil dekoratif, dan lain sebagainya.

Mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35-40 m dan diameter mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan halus saat masih muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan mengelupas setelah tua.

Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris dan kuning kecoklatan. Sedangkan buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, berwarna cokelat. Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung.

Selain itu, pohon mahoni ini ternyata juga memiliki fungsi mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sehingga sering disebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air.

ketika sudah diolah menjadi kayu, mahoni pun punya nilai ekonomi tinggi. Harganya pun bervariasi. Rata-rata harga di toko Perhutani, kayu gelondongan mahoni atau log kayu mahoni berdiameter 16-19 cm harganya bisa mencapai Rp 600.000/m³. Sedangkan log kayu mahoni diameter 22,25,28 cm bisa mencapai Rp 1.200.000/m³. Sementara log kayu mahoni diameter 30-49 cm harganya Rp 1.500.000/m³ hingga Rp 2.000.000/m³.

 

Pangsa pasar eksport kayu mahoni indonesia masih didominasi oleh China walaupun ada juga yang dieksport ke Taiwan, Korea, dan Eropa.

Standar kayu mahoni untuk tujuan eksport biasanya disepakati oleh buyer dan produsen, namun umumnya sebagai berikut:

Harga eksport kayu mahoni jika dibanding kayu lain masih cukup rendah. untuk harga Pasarannya masih berkisar USD 400-600 Dolar/M3. Tergantung ukuran semakin kecil dan tipis harga perkubikasi akan semakin mahal.