Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya

Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya

Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya

Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya

Mengenal Table Saw (Meja Gergaji) dan Kegunaannya. Table Saw merupakan mesin pemotong kayu yang berbentuk meja, dimana pada bagian tengan terdapat piringan pisau bergerigi. Pisau bergerigi berbentuk circular dengan bilah baja (gigi) yang digerakkan oleh dinamo elektrik.

Selain itu tablesaw terdapat pembatas (fence) untuk mengatur ketebalan pemotongan kayu. Table saw ada beragam jenis, mulai dari jenis kontraktor saw, dan portable saw.

Kontraktor saw biasanya berbentuk bsar dan digunakan untuk pekerjaan besar seperti industri. Sementara portable saw bisa dipindah dengan mudah sehingga bisa dipakai pada beragam jenis proyek.

Dari sisi penggeraknya table saw dibagi dua yaitu yang langsung digerakkan melalui As dinamo dan ada juga yang melalui vanbelt, atau pita penghubung.

Table saw yang standar seringkali kesulitan jika digunakan untuk memotong papan yang lebar misalnya plywood yang utuh. Sehingga diproduksi mesin table saw model sliding, Table saw sliding menempatkan material yang akan dipotong diatas papan peluncur yang akan mengantarkan ke pisau potong. Hasil potongnya sangat akurat dan juga meringankan beban tenaga manusia.

 

Merek-merek table saw yang beredar juga sangat bervariasi, umumnya merek-merek besar yang menguasai pasar misalnya Bosch, makita, stanley, dan dewalt mereka ini menguasai pasar jenis table saw portable. Sementara untuk kontraktor saw dan sliding table saw dikuasai merek-merek industri heavy duty misalnya SCM, Weinig, Primultini. Meskipun begitu ragam merek china juga banyak beredar dengan harga yang lebih terjangkau.

yang harus diperhatikan dalam memilih table saw adalah akurasinya dalam memotong serta kestabilan motor penggeraknya.

 

Sebelum membeli Table Saw, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu: