Mesin Amplas (Sander), Berbagai Tipe dan Fungsinya

Mesin Amplas (Sander), Berbagai Tipe dan Fungsinya

Mesin Amplas (Sander), Berbagai Tipe dan Fungsinya

Mesin Amplas (Sander), Berbagai Tipe dan Fungsinya

Mesin Amplas (Sander), Berbagai Tipe dan Fungsinya. Proses pengamplasan merupakan proses untuk memperhalus permukaan dengan menggunakan material abrasive. Material abrasif salah satunya berbentuk amplas. Amplas akan mampu membuat permukaan yang kasar menjadi halus sehingga siap di finishing.

Untuk menghasilkan hasil amplas yang halus dan merata diperlukan proses yang berkelanjutan. Proses ini jika dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan akan sangat melelahkan, apalagi jika bidang yg diamplas sangat luas.

Disinilah pentingnya mesin yang bisa secara konsisten melakukan gerakan abrasif. Mesin ini sangat mudah dioperasikan, cepat, dan hasilnya terukur. Beberapa mesin sander juga memiliki katup penghisap debu sehingga bisa meminimalkan polusi debu amplas.

Secara umum mesin amplas dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

Amplas belt sander berbentuk pita yang diputar secara elektronik dengan dua buah roda. Hasil amplas belt sander sangat cepat tapi membutuhkan konsentrasi tinggi.

Belt sander bentuknya besar dan berat sehingga harus dioperasikan dengan hati-hati. Mesin belt sander cocok untuk bidang yang luas, seperti papan kayu dan lantai kayu.

Jika menggunakan belt sander untuk bidang kecil agak sulit mengendalikan bahkan bisa merusak permukaan jika kurang teliti.

Mesin belt sander sangat efektif juga digunakan untuk mengupas cat lama, menghilangkan bekas minyak, menghilangkan bekas cacat pada substrat termasuk bekas karat pada panel besi.

Mesin belt sander di Indonesia beredar dengan beragam merek, yaitu bosch, makita, maktek, dan beberapa merek dari china.

 

Mesrupakan mesin amplas yang paling banyak beredar dipasaran. amplas orbital sander bekerja dengan sistem getar yang membuat getaran naik turun.

Pada area bawah mesin amplas orbital sander terdapat spon agak keras sebagai tempat meletakkan amplas. Hal ini dimaksudkan agar amplas bisa menyentuk permukaan secara fleksibel dan tsk merusak permukaan.

Mesin orbital sander umumnya berbentuk kotak persegi panjang atau persegi. Mesin amplas orbitas sander banyak digunakan pada industri kayu kecil maupun para penghobi DIY (membuat sendiri berbagai kreasi).

 

Mesin random orbital sander biasanya berbentuk bulat. Serta sistem pemasangan amplasnya menggunakan sistem velcro (bisa langsung direkatkan) sehingga biasa disebut juga dengan mesin amplas velcro.

Mesin aplas random orbital sander mempunyai sistem kerja dengan gerakan kombinasi bergetar naik turun dan juga berputar.

Sistem kerja ini membuat pekerjaan yang dilakukan dengan mesin random orbital menjadi lebih cepat. Selain itu terdapat lubang pada tatakannya dan amplas sehingga mampu menghisap debu dengan baik. Saat ini merek yang beredar banyak didominasi oleh merek besar seperti bosch, maktek, dan dewalt.

 

Saat menggunakan mesin ini peralatan keamanan yang wajib digunakan adalah masker dan kaca mata kerja.

Masker berfungsi untuk menyaring debu sisa amplas agar tidak masuk ke saluran pernafasan. Disarankan menggunakan masker sistem respirator karena partikel debu amplas sangat kecil dan bisa menembus sela sela masker yang tidak rapat.

Kacamata kerja penting untuk menghindari mata dari debu karena bisa menyebabkan iritasi. Apalagi jika yang diamplas merupakan material besi, bekas karat, atau sisa-sisa cat.

Ingat bahwa dalam bekerja keselamatan dan kesehatan adalah nomer satu.