Mitigasi Risiko dalam Kontrak Konstruksi Agar Tidak Bangkrut

Mitigasi Risiko dalam Kontrak Konstruksi Agar Tidak Bangkrut. Tantanga kontraktor proyek konstruksi semakin berlipat saat ini, apalagi dtengah pandemi Covid-19. Berbagai rencana bisa menjadi berantakan dan bisa mengakibatkan kerugian yang sangat serius.

Menurut data dari Prospek Industri Konstruksi dan Rekayasa Deloitte tahun 2020, “Terlepas dari tantangan terkait tenaga kerja, industri insinyur dan konstruksi kemungkinan akan menghadapi beberapa tantangan jangka pendek lainnya di tengah pandemi, seperti penundaan atau proyek yang ditunda , kesulitan mendapatkan izin untuk proyek, peningkatan pembatalan proyek, peningkatan klaim dan litigasi… ”

Akibatnya, mencapai margin keuntungan bisa menjadi lebih sulit selama krisis. Hal ini terutama berlaku bagi pemilik dan manajer bisnis yang ingin tetap kompetitif dengan tawaran terendah. Sukses bisa dicapai jika semuanya berjalan dengan baik. Jika tidak, kesalahan, kelalaian, dan banyak masalah lain tidak hanya dapat sangat mengurangi keuntungan, tetapi juga menyebabkan kesulitan keuangan dan bahkan kebangkrutan.

Itulah mengapa perusahaan harus mematuhi seperangkat kriteria yang ketat saat menawar proyek dan memasuki perjanjian kontrak. Ini termasuk menghitung margin dengan cermat berdasarkan permintaan khusus klien, memasukkan kontrak dengan sangat memperhatikan detail, memahami tujuan pemilik, dan memvalidasi setiap fase konstruksi — mulai dari desain hingga penyelesaian.

 

Di masa-masa sulit, selalu ada godaan untuk menawar proyek yang tidak sesuai dengan keahlian kontraktor. Kesalahan ini sering kali diperparah dengan tawaran yang gagal memberikan margin keuntungan yang nyaman atau meminta bantuan profesional yang terampil. Kontraktor hanya boleh mengambil penugasan dengan dukungan dari kepemimpinan dan staf yang memadai, sambil memasukkan margin kesalahan ke dalam penawaran mereka. Sayangnya, melakukan terlalu banyak dengan terlalu sedikit adalah resep untuk hasil keuangan yang menghancurkan, klaim dan bahkan mungkin bertahun-tahun litigasi.

 

Proposal harus membahas potensi kenaikan biaya bahan akibat pandemi. Penundaan produksi dan produksi telah memengaruhi ketersediaan dan biaya produk. Langkah bijak yang harus diambil sebelum mengirimkan proposal adalah memeriksa ulang ketersediaan dan biaya sebagian besar, jika tidak semua, bahan yang akan dibutuhkan untuk memenuhi kewajiban kontrak proyek.

 

Keamanan tempat kerja selalu menjadi perhatian penting di setiap proyek. Namun, langkah tambahan mungkin perlu diambil untuk menangani persyaratan pemerintah khusus pandemi. Biaya tambahan yang terkait dengan peraturan ini baik waktu maupun material perlu diperhitungkan dalam setiap proposal.

 

Seberapa baik Anda mengenal pemilik proyek? Apakah proyek mereka yang lain berhasil atau terganggu dengan masalah, mengubah pesanan, dan penundaan? Ini adalah pertanyaan penting untuk dipertimbangkan sebelum membuat perjanjian yang pada akhirnya terbukti terlalu melelahkan untuk bisa menguntungkan.

Perusahaan konstruksi hanya boleh bekerja dengan pemilik yang mereka kenal dan percayai atau memiliki reputasi industri yang sangat baik untuk memperlakukan mitra bisnis secara adil, menjaga jadwal dan menyelesaikan proyek sesuai anggaran. Jangan biarkan kebutuhan bisnis membengkokkan penilaian Anda. Jangan pernah bekerja dengan siapa pun yang memiliki latar belakang atau riwayat pekerjaan yang meragukan. Waspadalah terhadap pemilik atau mitra lain yang lebih mementingkan kemanfaatan dan keuntungan daripada integritas proyek.

 

Jangan pernah membuat perjanjian tanpa pemahaman yang jelas tentang tuntutan proyek dan potensi tantangan dan perubahan yang tidak terduga. Ini meluas dari tahap desain konseptual dan prakonstruksi ke setiap komponen proyek dan tujuan pemilik.

Penting juga untuk mencari validasi pihak ketiga yang memenuhi syarat dari mitra tepercaya dalam segala hal mulai dari perkiraan biaya proyek dan kerangka waktu konstruksi hingga analisis kondisi tanah dan lokasi. Referensi semua ini dalam perjanjian akhir sebelum penandatanganan.

 

Setiap kata penting. Jangan pernah membuat perjanjian tanpa mendokumentasikan ruang lingkup layanan dan peran setiap mitra yang terlibat dalam proses pengiriman. Ini termasuk risiko dan prosedur terkait untuk memperbaiki ketidaksepakatan.

Hanya ada sedikit ruang untuk negosiasi — atau yang lebih penting — negosiasi ulang setelah semua dokumen ditandatangani. Selain itu, sangat penting untuk memastikan bahwa asuransi proyek masuk akal dan proporsional. Ketentuan ganti rugi bisa jadi memberatkan. Tertanggung harus selalu mendorong kembali kebijakan yang melebih-lebihkan asumsi tanggung jawab, sementara dengan hati-hati mendokumentasikan kegiatan dan mengubah kontrak saat layanan berkembang atau menurun selama pekerjaan berlangsung.

Selain itu, setiap kontrak dari kontraktor utama dan profesional desain melalui subkontraktor harus konsisten tidak hanya dalam bahasa mereka, tetapi juga dalam detail yang menyoroti tanggung jawab masing-masing pihak. Pertimbangan lain seputar proses penulisan, peninjauan, dan persetujuan setiap syarat dan ketentuan kontrak, termasuk:

Batasan Tanggung Jawab — Klausul ini dapat menyeimbangkan pertimbangan risiko / imbalan, terutama bila layanan yang disepakati memiliki ruang lingkup yang terbatas. Pengesampingan Kerusakan yang Berarti — Klausul ini dapat membantu mengontrol potensi tanggung jawab. Pengesampingan Subrogasi — Klausul ini dapat membantu meminimalkan tuntutan hukum dan klaim yang terkait dengan kerugian properti.

Kegagalan merencanakan hal yang tidak terduga bisa menjadi masalah. Ini terlihat hanya beberapa bulan yang lalu, ketika ribuan proyek dihentikan atau ditutup karena pandemi. Hasilnya adalah PHK dan banyak tantangan arus kas bagi banyak kontraktor.

Setiap proyek harus menyertakan rencana kontinjensi yang dengan jelas memetakan langkah selanjutnya ketika krisis terjadi. Biaya penundaan dan biaya terkait dengan memulai kembali pekerjaan harus diperhitungkan dalam semua kontrak. Pada akhirnya, setiap proyek harus menghasilkan keuntungan. Namun jangan lupa bahwa bahkan kecelakaan kecil, kesalahpahaman atau kesalahan yang relatif kecil, dan kelalaian dapat mengukir margin keuntungan yang sudah sangat ketat.

Itulah mengapa sangat penting untuk bermitra dengan spesialis yang dapat mengenali tantangan sebelum menjadi masalah, jebakan dalam tawaran rendah dan bahkan peraturan lokal dan masalah ketenagakerjaan. Tidak ada pengganti untuk pemikiran sebelumnya yang mengarah pada proyek yang sukses dan menguntungkan yang diselesaikan sesuai jadwal, sesuai anggaran dan dengan sedikit kesulitan.