Dalam pendirian suatu perusahaan, tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa dijadikan suatu ketetapan perusahaan dalam menjalankan kewajibannya selama perusahaan itu berdiri. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi ini. Dengan bermunculnya banyak perusahaan konstruksi  baru, tidak sedikit yang memanfaatkan hal ini sebagai salah satu motivasi masyarakat untuk juga menyediakan jasa pembuatan SKT yang sedang dibutuhkan tersebut. Pembuatan SKT memang tergolong cepat jika dibandingkan dengan dokumen – dokumen penting lainnya. Namun, saat ini, tidak sediakan pihak jasa pembuat SKT yang juga mempromosikan jasanya dalam hal pembuatan SKT cepat ( lebih cepat dibandingkan biasanya ).

Dalam beberapa kondisi, SKT ini juga disebut sebagai SKA ( Surat Keahlian ) Namun, tentunya ada beberapa perbedaan terutama dari segi definisi. Nah, maka dari itu, kali ini Saya ingin membahas mengenai perbedaan dan persamaan dari SKT dan SKA yang bisa Anda temui dan dapatkan pada jasa pembuatan SKT cepat.

Pengertian SKA dan SKT

Untuk SKA ( Sertifikat Keahlian Kerja ) merupakan sebuah bukti kompetensi serta kemampuan profesi tenaga ahli di bidang kontraktor atau konsultan yang kualifikasinya meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  • Ahli utama

  • Ahli madya

  • Dan ahli muda

Nah, untuk Anda bisa mengurus sertifikat semacam ini, syarat utamanya adalah dengan melakukan pengurusan sertifikasi dan registrasi perusahaan konstruksi tersebut adalah dengan memiliki tenaga kerja yang juga memiliki sertifikat keahlian ini ( SKA ). Yang nantinya akan dijadikan sebagai penanggung jawab teknik ( PJT ), atau bisa juga dijadikan sebagai penanggung jawab bidang ( PJB ). SKA biasanya dikeluarkan oleh beberapa asosiasi atau jasa pembuatan SKA ini dengan dilengkapi dengan akreditasi dari lembaga  pengembangan jasa konstruksi ( LPJK )

Nah, tidak berbeda jauh dengan sertifikat keahlian kerja ( SkA ), SKT atau yang merupakan kependekan dari Sertifikat Keterampilan Kerja merupakan sebuah bukti kompetensi dan kemampuan profesi keterampilan pada bidang pelaksana konstruksi ( kontraktor ) yang biasanya dimiliki oleh tenaga kerja yang berkecimpung di dunia usaha konstruksi dan digunakan sebagai seorang penanggung jawab teknik ( PJT ), sama seperti SKA, namun tidak untuk penanggung jawab Bidang ( PJB ).

Perbedaan yang ditemukan diantara SKA dan SKT ini juga terletak pada kualifikasi dimana untuk SKT sendiri meliputi : kualifikasi tingkat I, kualifikasi tingkat II, dan juga kualifikasi tingkat III.

Tujuan Kepemilikan SKA dan SKT

Persamaan SKA dan SKT dapat Anda temui pada tujuan kepemilikannya. Berikut ini adalah rincian mengenai tujuan kepemilikan SKA dan juga SKT, antara lain :

  • Kepemilikan SKA dan SKT merupakan hal untuk memenuhi syarat undang – undang. Dimana di atur pada Undang Undang mengenai Jasa Konstruksi No 18 tahun 1999, keputusan presiden, serta SK menteri mengenai pengadaan jasa konstruksi.

  • Kepemilikan SKA dan SKT sebagai sebuah pertanggungjawaban masyarakat.

  • Kepemilikan SKA dan SKT merupakan hal yang bisa dijadikan acuan industri konstruksi di Indonesia.

  • Menunjang keberhasilan sebuah proyek konstruksi.

Melihat tujuan yang begitu serius, ada baiknya Anda untuk segera melakukan pengurusan pembuatan SKT cepat di jasa pembuatan yang tentunya terpercaya.

Landasan Dasar Hukum Mengenai SKA dan SKT

SKA dan SKT juga memiliki kesamaan dasar hukum, dimana di atur dalam :

  • UU nomor 18 tahun 1999 mengenai Jasa Konstruksi.

  • Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2000 mengenai Usaha dan Peran Masyarakat Jasa Konstruksi.

  • Peraturan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi atau dikenal dengan LPJK pada nomor 11 tahun 2006 mengenai registrasi usaha jasa pelaksana konstruksi

  • Peraturan pemerintah nomor 4 tahun 2010 yang merupakan revisi dari peraturan pemerintah nomor 28 tahun 2000.

  • Serta keputusan menteri pemukiman dan prasarana wilayah pada nomor 369/KPTS/M/2001 mengenai pedoman pemberian izin usaha jasa konstruksi nasional.

Nah, itu dia beberapa perbedaan dan persamaan SKT dan SKA yang dirangkum dalam  definisi, tujuan dan juga landasan hukum. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk melakukan pembuatan SKT cepat ya!