Mesin Press Hidrolik, Pengenalan Dasar dan Cara Kerjanya

Mesin Press Hidrolik, Pengenalan Dasar dan Cara Kerjanya. Mesin press adalah sebuah alat yang dibuat untuk memampatkan sebuah benda , sumber tenaganya bisa berasal dari mesin hydraulic, tenaga manusia, dan motor listrik.

Dewasa ini sistem hidrolik banyak digunakan dalam berbagai macam industri makanan, minuman, permesinan, otomotif, hingga industri pembuatan robot. Oleh karena itu, pengetahuan tentang komponen dari sistem hidrolik sangat penting dalam semua cabang industrial.

Sistem hidrolik banyak memiliki keuntungan. Sebagai sumber kekuatan untuk banyak variasi pengoperasian. Keuntungan sistem hidrolik antara lain adalah ringan, mudah dalam pemasangan dan untuk perawatan tidak terlalu banyak .

Untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas. sekarang ini sistem hidrolik banyak dikombinasikan dengan sistem lain seperti sistem elektrik/elektronik, pneumatik, dan mekanik sehingga akan didapat unjuk kerja dari sistem hidrolik yang lebih optimal.

Sistem hidrolik adalah sistem yang menggunakan fluida sebagai media untuk menggerakkannya. Dalam hidrolika terdapat beberapa cabang, tetapi cabang yang dapat diterapkan untuk peralatan ini menyangkut cairan dalam ruang tertutup di bawah tekanan. Hukum dasar hidrostatika atau mekanika zat cair adalah seperti yang didefinisikan oleh Blaise Pascal pada tahun 1635 sebagai berikut: ”Tekanan pada benda cair tertutup terpencar dengan sama rata tanpa berkurang kepada setiap bagian cairan dan permukaan yang menahannya”(Smith,1990)

Penggunaan sistem hidrolik telah mengalami suatu perkembangan yang demikian pesatnya, sehingga sistem hidrolik dimanfaatkan dalam semua cabang industri. Pada umumnya, sistem hidrolik digunakan pada industri-industri permesinan.

Bagian-bagian utama dari sebuah mesin press hidrolik meliputi:

Mesin press hidrolik bekerja dengan langkah-langkah berikut:

Mesin press hidrolik dikategorikan menjadi 5 jenis yaitu: