5 Trouble Umum pada Hoverboard dan Solusi Menanganinya

Hoverboard bukan hanya sekadar mainan yang dipakai anak-anak bersenang-senang, namun lebih dari itu, hoverboard merupakan sebuah kendaraan listrik yang membantu manusia bepergian. Seperti halnya sebuah kendaraan dan peralatan listrik lain, tentu hoverboard tak jarang mengalami masalah atau trouble yang kerap muncul. Terkadang masalah tersebut bisa dengan mudah diselesaikan dengan melakukan kalibrasi ulang. Anda hanya perlu mengaplikasikan cara kalibrasi hoverboard yang benar, maka hoverboard dapat berfungsi normal kembali.

Sayangnya, jika perangkat sudah dikalibrasi namun hoverboard tetap tak berfungsi normal, lalu apa yang harus kita lakukan? Berikut ini kami paparkan beberapa masalah umum yang kerap dialami hoverboard serta solusi mengatasinya.

Lampu merah pada hoverboard biasanya akan berkedip jika sedang mengalami masalah. Apabila lampu merah tersebut berkedip berarti lampu sedang memberitahukan bahwa sedang ada masalah dalam hoverboard, sebaiknya segera lakukan langkah berikut.

Jika sudah dicoba berbagai macam cara namun hoverboard Anda tetap tidak bisa dinyalakan, berarti Anda harus segera mencharge perangkat. Jika saat diisi dayanya tidak muncul indikator lampu berwarna hijau berarti telah terjadi keruskaan pada papan sirkuit internalnya. Satu-satunya solusi yaitu dengan mengganti papan sirkuit. Apabila indikator lampu hijau masih nyala, berarti hoverboard mati karena kehabisan baterai sehingga Anda akan bisa menyalakannya lagi. Namun apabila yang muncul adalah indikator lampu orange berarti baterai harus diganti baru.

Apabila hoverboard terus mengeluarkan bunyi bip dan perangkat tidak bisa dimatikan, Anda harus segera menanganinya. Balikkan hoverboard lalu buka rangka plastiknya kemudian lepas baterainya secara perlahan. Dengan begitu bunyi bip tadi akan langsung berhenti. Sebaiknya persiapkan peralatan untuk perbaikan hoverboard agar lebih mudah membongkarnya.

Trouble yang berhubungan dengan keseimbangan kemungkinan besar berhubungan dengan kerusakan giroskop. Untuk itu, apabila salah satu sisi papan mati berarti Anda harus mengganti giroskopnya. Sebaiknya periksa terlebih dahulu tipe giroskop yang rusak agar tak salah membeli sparepart.

Ini adalah masalah yang cukup umum ketika hoverboard tidak bisa mendeteksi tiap gerakan Anda terutama saat Anda menginjaknya. Anda harus membuka hoverboard dan mencari sensor tekanan yang terletak pada dekat roda. Normalnya, saat seseorang menginjak papan maka dua sayap di sensor tersebut akan bergabung sehingga papan akan membacanya sebagai tekanan. Jika hal tersebut tidak terjadi, berarti harus membeli sensor baru.

Untuk membeli sensor tekanan baru sebaiknya belilah dari luar Amerika jika ingin memperoleh harga yang lebih terjangkau. Cara mengganti sensor ini cukup mudah, tinggal cabut steker kemudian lepas sekrupnya lalu pasangkan kembali. Pastikan juga bahwa nipple karet dalam posisi lurus ke arah kanan.