Biaya Instalasi Listrik Borongan Non Material dan Beserta Material

Biaya Instalasi Listrik Borongan Non Material dan Beserta Material. Memasang instalasi listrik dibutuhkan tenaga ahli yang mempunyai pengetahuan kelistrikan yang cukup dan harus bersertifikasi.

Sebab kelistikan sangat penting bagi sebuah properti atau gedung. Bukan hanya persoalan skill namun material yang diginakan juga harus memenuhi standar SNI dan sistem pemasangan juga harus mengikuti standar Puil Terbaru. Silahkan Download Panduan Puil 2011 disini.

PUIL yang sudah berbentuk buku panduan itu wajib menjadi acuan semua instalatir, karena setiap daya berbeda pemasangan dan penanganannya. Pemilik rumah juga perlu membaca dan memahaminya sebagai bahan untuk mengontrol pekerjaan instalatir.

Pemasangan instalasi listrik yang asal-asalan akan mengakibatkan banyak masalah misalnya kebakaran, konsleting, bahkan kesetrum yang membahayakan jiwa penghuni rumah.

Perlu dipahami, PLN hanya bertanggung jawab terhadap suplai listrik hingga boks meter di depan rumah. Boks ini sudah disertai papan-hubung-bagi (PHB) dilengkapi sekering atau mini circuit breaker (MCB) untuk pengaman arus, serta alat pengukur dan pembatas (APP) untuk mengetahui penggunaan daya. Sedangkan aliran listrik dari boks meteran ke dalam rumah menjadi tanggung jawab pemilik rumah.

Jika ingin menjasakan pemasangan instalasi listrik pada pihak ketiga atau kontraktor. berikut ini adalah perkiraan biayanya. Biaya dibagi menjadi sistem borongan tanpa material dan borongan beserta material, berikut ini detilnya:

Sugeng Susilo, General Supervisor Unit Electrical PT Aditeam Indonesia, perusahaan kontraktor listrik lain di Jakarta, menambahkan, untuk rumah tipe di bawah 70 m2 instalasi atau perkabelannya setidaknya dibagi dalam delapan grup.

“Masing-masing satu jalur untuk pompa air, dua untuk AC dan water heater, dan masing-masing satu jalur untuk lampu dan stop-kontak. Satu jalur bisa digunakan untuk maksimal 12 titik lampu dan delapan titik stop kontak. Kemudian dua jalur dengan MCB tersendiri untuk cadangan,” katanya.

MCB adalah alat pemutus aliran listrik saat terjadi korsleting atau pemakaian berlebih (overload). Aplikasi grup saluran listrik itu di rumah biasanya dikelompokkan dalam blok-blok pembagi daya. Setiap blok grup itu ada MCB-nya sendiri. Jadi, bila terjadi korsleting, yang putus hanya daya di grupnya. Pembagian grup bisa dilakukan per 500 watt daya atau 1 amphere.

 

CATATAN : – Instalasi /titik lampu adalah antara dari titik mcb ke titik saklar ke titik lampu – Untuk Sambungan “lampu seri” ada biaya tambahan Rp. 20.000/ titik – Apabila downlight tertanam pada beton/cor, akan terdapat biaya tambahan Rp 25.000/ titik

 

 

CATATAN

– Untuk Sambungan “lampu seri” ada biaya tambahan Rp. 50.000 /titik. – Harga tersebut diatas hanya meterial kabel dengan ukuran : 1. kabel lampu : 1,5 2. kabel stop kontak : 2,5 3. kabel arde : 2,5 4. kabel induk/toufur : 3×4 – Perubahan harga tersebut di atas berdasarkan hal berikut ini ; 1. Merek 2. Jenis 3. Kode seri 4. Model 5. Nilai Watt. 6. Tingkat kesulitan 7. Volume pekerjaan 8. Jarak

Carilah jasa Kontraktor listrik yang bersertifikat dan mengutamakan keamanan