Cara membuat Table Top Kitchen Set dari Beton dan Semen

Cara membuat Table Top Kitchen Set dari Beton dan Semen. Membuat meja beton Anda sendiri adalah proyek yang menyenangkan dan berbiaya sangat rendah. Hasilnya adalah bahan kokoh seperti batu yang memiliki tampilan rustik-industri yang sempurna untuk dapur luar ruangan atau area barbekyu.

Top table dari beton menampilkan kesan yang kokoh natural, namun juga artistik. Table top dari beton bisa kita buat dengan racikan semen, pasir dan agregat. Namun dipasaran juga tersedia beton buat moulding kemasan instan yang siap pakai.

Beton cor sangat berat, seringkali jauh lebih berat dari yang terlihat. Untuk melepaskan cetakan dan membalik meja, mintalah satu atau bahkan dua teman untuk membantu. Kenakan sarung tangan karena ujungnya akan tajam.

 

Jika meja beton Anda perlu menyesuaikan dengan dimensi kabinet dan dinding dasar, Anda dapat memperoleh hasil yang tepat dengan memulai dengan template.

Potong karton panjang atau tipis dari panel proyek kayu dan letakkan di perimeter kabinet dasar. Pastikan untuk memperhitungkan overhang yang diinginkan. Ketika Anda memiliki ukuran yang tepat dari meja dapur Anda, rekatkan dengan hati-hati strip dengan lem tembak. Setelah sekitar lima menit, lepaskan template dengan hati-hati.

Setelah membuat templat baru kita siapkan papan triplek atau kayu potong sesuai ukuran dan rakit membentuk seperti template yang di buat. Lebih baik menggunakan plywood dengan lapisan melamin agar mudah dilepas.

Siapkan juga jaring baja atau kawat beton sebagai penguat bagian dalam beton agar tidak mudah patah.

 

Buat campuran beton dengan komposisi Semen 1: Pasir 1 : Kerikil kecil 1 dan campur dengan air secukupnya. Membeli beton instan siap pakai akan lebih cepat pengerjaannya.

Masukkan adonan beton kedalan cetakan, cukup sampai separo lalu letakan besi beton penguat atau kawat baja sebagai penguat. Lalu tuangkan lagi beton sampai penuh.

Getarkan meja dan cetakan dengan palu atau amplas getar agar campuran beton padat dan tidak ada udara yang terjebak di dalamnya. Setelah selesai biarkan kering secara alami dan tutup plastik tunggu hingga 3 hari agar optimal keringnya.

 

 

Setelah selesai biasanya beton masih kasar di permukaaan dan ujungnya. Amplas seluruh permukaan beton sampai benar benar rata dan halus.

Jika perlu amplas basah dengan air agar hasilnya mengkilap dan mulus. Setelah selesai biarkan kering di tempat teduh dan siap untuk dipalikasikan.