Cara Memilih Papan Gipsum yang Berkualitas

Cara Memilih Papan Gipsum yang Berkualitas

Cara Memilih Papan Gipsum yang Berkualitas. Perkembangan dunia konstruksi dan bahan bangunan semakin mengarah pada efisiensi dan ramah lingkungan. Berbagai teknologi dikembangkan agar menghasilkan bahan bangunan yang efisien, mudah dikerjakan, kuat, dan tahan lama.

Salah satu material yang banyak digunakan saat ini adalah papan gipsum. PAPAN gipsum efektif untuk menggantikan dinding konvensional karena mudah dikerjakan, praktis, dan memiliki beberapa fitur unggulan. Diantaranya tahan api dan mampu meredam suara.

Popularitas papan gipsum ditandai dengan semakin banyaknya brand papan gipsum yang bermunculan di pasaran. Mereka seolah berlomba-lomba merebut minat masyarakat dengan tampilan dan kualitas gipsum yang terbaik. Nah, agar Anda tak terkecoh, ada trik memilih papan gipsum yang berkualitas.

Pastikan permukaan papan gipsum yang Anda pilih rata, lurus dan tidak bergelombang. Misalnya saat dipasang dalam posisi horizontal sebagai plafon tidak ada lendutan kecil di permukaannya. Idealnya, nilai kelendutan tidak melebihi 2,0 mm per batang 600 mm. Sayangnya, untuk memastikannya masih dibutuhkan pengujian secara khusus.

Idealnya, papan gipsum setebal 9 mm berbobot tidak lebih dari 15 kg. Sebab bobot yang ringan memberi kemudahan pada saat proses pemindahan dan instalasi di lapangan.

Papan tidak mudah patah atau retak saat terbentur benda tumpul. Papan gipsum juga stabil ketika digunakan sebagai dinding atau partisi ruangan.

Pastikan permukaan papan gipsum bebas dari segala bentuk cacat, seperti retak atau gumpalan. Kondisi permukaan papan gipsum yang rata dan mulus berpengaruh terhadap kualitas material sehingga kuat dan tahan lama.

Papan gipsum modern harus memiliki uji ketahanan terhadap kebakaran. Ada perhitungan rating berapa lama sebuah papan gipsum mengalami kerusakan total akibat api. Hal ini untuk meningkatkan fitur safety mengingat aplikasi papan gipsum banyak digunakan untuk berbagai gedung publik dan bangunan vertikal.

Less Sagging Artinya ketika papan gypsum dipasang sebagai plafon atau langit-langit, tingkat kelendutannya sangat kecil. Untuk standar Jayaboard adalah di bawah 2,5 mm dengan standar uji ASTM C473. Dengan tingkat kelendutan sangat kecil ini, maka plafon atau langit-langit akan mempunyai permukaan lebih rata (flat) dan atau dengan kata lain tidak bergelombang.

Demikian tips singkat memilih papan gipsum agar menghasilkan kualitas bangunan yang bermutu.