Cara Sederhana Memasang CCTV Sendiri di Rumah

Selain sebagai tempat tinggal keluarga, rumah biasanya juga dipakai untuk menyimpan banyak barang sesuai tempatnya. Hal ini dikarenakan rumah sendiri dianggap sebagai tempat paling aman untuk menaruh sesuatu. Sayangnya, meskipun rumah nampak aman dan nyaman, lingkungan di luar rumah tidak selalu terjamin keamanannya. Meskipun misal sudah ada petugas keamanan atau satpam yang bertugas melakukan pemeriksaan dan penjagaan, Anda tetap perlu memberi keamanan tambahan berupa pemasangan CCTV.

Biasanya dalam sepaket pembelian perangkat CCTV sudah lengkap dengan jasa pemasangan atau instalasinya. Namun jika ingin lebih hemat, Anda bisa membeli komponen CCTV secara terpisah kemudian tinggal memasangnya sendiri. Cara pemasangan CCTV di area rumah sebenarnya tidak terlalu susah sehingga dapat Anda lakukan sendiri meskipun tanpa keahlian tinggi.

Agar pemasangan CCTV lebih rapi dan tepat guna, sebaiknya lakukan beberapa langkah persiapan berikut ini sebelumnya,

Sebelum mulai memasang CCTV di rumah, sebaiknya pelajari area rumah Anda terlebih dahulu kemudian tentukan titik mana yang sekiranya rawan dan perlu pengawasan. Anda bisa memasang CCTV di luar rumah maupun di dalam rumah untuk pengamanan lebih ekstra. Lokasi terbaik penempatan CCTV biasanya di pintu depan, jendela, halaman belakang, dan garasi. Untuk CCTV indoor, sebaiknya letakkan di tempat yang banyak dilalui orang agar memudahkan pemantauan aktivitas. Agar kamera CCTV terhindar dari perusakan penjahat, letakkan perangkat tersebut di tempat tinggi yang tidak mudah dijangkau.

Anda harus mempelajari beragam jenis kamera CCTV untuk mengetahui jenis mana yang paling cocok untuk keperluan rumah Anda. Sangat disarankan untuk menggunakan jenis kamera yang ditunjang oleh fitur infrared agar CCTV tetap bisa memantau dengan baik ketika malam hari. Jika Anda ingin mendapatkan hasil rekaman dengan kualita grafis yang baik, kamera jenis PTZ adalah pilihan terbaik. Perhatikan juga fitur zoom, ketahanan cuaca, dan kemudahan aksesnya.

Aturlah besaran kapasitas storage atau memori penyimpanan rekaman CCTV yang Anda perlukan untuk periode perekaman setidaknya sebulan. Semakin besar kapasitasnya tentu semakin baik karena otomatis perangkat bisa menyimpan rekaman video berkualitas tinggi dalam waktu lebih lama.

Setelah segala persiapan di atas sudah dilakukan, selanjutnya siapkan beberapa peralatan dan material yang akan dipergunakan untuk memasang CCTV tersebut.

Di luar komponen utama CCTV seperti kamera, DVR, hardisk, kabel, monitor, dll, dalam pemasangan CCTV Anda akan membutuhkan beberapa material tambahan, yaitu,