Grid Tie Inverter Limiter, Mengenal Sistem PLTS dengan GTIL

Grid Tie Inverter Limiter, Mengenal Sistem PLTS dengan GTIL. Konfigurasi pembangkit listrik tenaga surya umumnya dibagi menjadi sistem off grid dan sistem tersambung jaringan PLN (On Grid). Daya listrik yang dihasilkan pada PLTS Off Grid hanya disuplai ke beban dan tidak tersambung ke jaringan utilitas PLN.

Pada PLTS yang terkoneksi grid (PLN), daya listrik yang dibangkitkan yang disuplai ke jaringan utilitas sekaligus berfungsi untuk menjaga kestabilan daya listrik akibat fluktuasi beban dan radiasi matahari. Teknologi inverter yang digunakan pada PLTS  bergantung pada konfigurasi  yang digunakan.

Pada PLTS On Grid digunakan Grid Tie Inverter untuk konversi tenaga matahari ke listrik AC. Grid Tie inverter dilengkapi dengan MPPT (maximumpower point tracking), untuk memaksimalkan konversi energi matahari menjadi energi listrik.

Sayangnya pemasangan listrik on grid harus mengikuti aturan pemerintah dengan pengajuan ke PLN agar dipasang KWH Exim untuk mencatat keluar masuknya arus listrik yang dihasilkan PLTS. Tim instalatunya juga harus yang sudah terdaftar atau tersertifikasi. Namun bagi yang ingin mencoba PLTS on Grid sebenarnya bisa menggunakan Grid Tie Inverter with Power Limiter.

 

Secara umum GTIL (Grid tie inverter limiter) berfungsi persis sama dengan Inverter Grid Tie yang lain namun dia mempunyai modul untuk melimit arus listrik agar tidak bisa eksport ke jaringan PLN di luar rumah. Secara sederhanya fungsinya sebagai berikut:

 

Karakteristik GTIL lebih mirip dengan inverter mandiri tetapi terhubung dengan jaringan listrik, dimana daya yang dihasilkan mengikuti kebutuhan daya yang dibutuhkan oleh beban.

Di GTIL, kelebihan daya yang dihasilkan dari PV dikirim ke jaringan listrik, dalam kapasitas yang sangat kecil. Hal ini menyebabkan penggunaan GTIL menjadi lebih cocok untuk digunakan pada aplikasi PLTS rumahan karena GTIL memberikan fluktuasi perubahan daya yang lebih rendah pada jaringan daripada GTInL, karena pada GTIL tidak mengirimkan daya dalam jumlah besar ke jaringan dibandingkan dengan GTI standar.

Penggunaan GTIL pada instalasi PLTS rumah membuat proses instalasi secara administratif relatif lebih sederhana dibandingkan dengan feed in tariff dan net metering karena pada GTIwL tidak mensuplai daya dalam jumlah besar ke jaringan yang dapat mempengaruhi kestabilan jaringan daya.