Harga Dynabolt Berbagai Ukuran dan Dimensi

Harga Dynabolt 2021 Berbagai Ukuran dan Dimensi. Untuk keperluan sambungan praktis antara 2 struktur ada beberapa alat yang biasa digunakan, salah satunya adalah dynabolt ataupun angkur.

Pada prinsipnya anchor dan dynabolt itu mempunyai fungsi yang sama dan dynabolt itu termasuk kategori anchor, untuk selanjutnya kita akan menyebutnya dengan Anchor saja. Fungsinya sebagai alat koneksi dua bagian, namun sistem atau cara kerjanya bisa berbeda-beda antara satu yang lainnya karena memang type anchor itu banyak sekali. Saya akan mencoba memberikan contoh sesuai dengan yang pernah saya temui.

Dynabolt memiliki element yang berfungsi sebagai silinder dan punya bentuk seperti selongsong peluru namun bisa membesar, mekar atau mengembang ketika baut sudah dikencangkan. Berbeda dengan mur yang bentuknya selalu tetap meskipun sudah dikencangkan. Selain itu silinder yang berfungsi sebagai mur ini selalu ditanamkan pada suatu media misalnya dinding, beton dan lain-lain. Dari sinilah asal muasal sebutan baut tanam untuk memberi nama alternative dynabolt.

Dynabolt memiliki tiga element utama.Pertama adalah baut berulir yang bentuknya seperti mur namun agak lancip seperti paku. Makin ke ujung maka ulirnya semakin mengecil. Lalu kedua ada selongsong silinder. Selongsong ini akan membesar ketika baut berulir dimasukan ke dalamnya. Yang terakhir yaitu ring atau cincin untuk penahan.

 

*) Disclaimer, kami tidak menjual produk tersebut, info harga Dynabolt kami tulis untuk mempermudah pembaca dalam melakukan perencanaan dan budgeting anggaran.

Jenis dynabolt dan fungsinya yang pertama adalah chemical anchor. Sesuai dengan namanya, jenis dynabolt yang satu ini sering menggunakan zat kimia untuk membuat komponen campuran. Tujuannya adalah untuk menambah kekuatan, hingga memiliki daya tahan lebih kuat bila dipakai di laut dan sebagainya. Umumnya chemical anchor memiliki 2 komponen, yaitu bahan kimia untuk pengikat dan steel anchor.

Cara kerjanya ialah anchor dimasukkan ke beton atau dinding batu bata yang sudah dilubangi dengan bor sebelumnya. Lubang tersebut dibersihkan, lalu disuntik zat kimia dan steel anchor pun dimasukkan. Zat kimia yang digunakan bisa berbentuk kapsul.

Jenis dynabolt dan fungsinya yang kedua adalah dynabolt yang tak memakai bahan kimia. Sumber kekuatannya dari media tanam, baik berupa dinding batu bata biasa maupun beton dan spesifikasi kekuatan dynabolt tersebut. Sistem kerja dan modelnya lumayan banyak, sesuai media atau material untuk penanaman anchor.

Salah satu sistem yang paling sering diterapkan adalah sistem kembang. Setelah dimasukkan, anchor di dalam lubang akan semakin kuat jika ditarik. Seperti chemical anchor, media tanam dibor terlebih dulu untuk memberi lubang untuk memasukkan anchor.

Ukuran dan kedalaman lubang disesuaikan jenis spesifikasi yang dibutuhkan. Ukuran kedalaman dan besar lubang pada umumnya tercantum di kertas petunjuk atau katalog yang didapat pada waktu membeli jenis dynabolt dan fungsinya.

Dynabolt yang ketiga adalah dynabolt klasik yang merupakan anchor yang dimasukkan atau ditanam terlebih dahulu. Anchor dipasang ke dalam di waktu yang bersamaan dengan pada saat proses mengecor struktur bangunan. Bila akan digunakan, jenis Dynabolt klasik tidak membutuhkan pengeboran untuk membuat lubang. Jenis dynabolt yang satu ini cukup mudah ditemukan di Indonesia, karena sering digunakan di berbagai tempat.

Jenis dynabolt dan fungsinya yang terakhir ini digunakan dengan beberapa langkah. Pertama, bagian media tanam dilubangi dengan ukuran sesuai selongsong silinder. Kedalamannya sampai ring penahan atau cincin. Setelahnya, lubang dibersihkan, lalu silinder dimasukkan dan penempelan benda pun dilekatkan di dinding. Jika proses ini sudah selesai, maka Anda bisa memasukkan anchor ke selongsong silinder, kemudian dikencangkan.

Dynabolt mudah digunakan untuk proses penyambungan