Harga Pipa Besi Hitam dan Pipa Galvanis Berbagai Ukuran

Harga Pipa Besi Hitam dan Pipa Galvanis Berbagai Ukuran

Harga Pipa Besi Hitam 2021 dan Pipa Galvanis Berbagai Ukuran. Pipa besi baik besi hitam maupun Pipa besi galvanis mempunyai banyak kegunaan baik dibidang industri, konstruksi, maupun pengguna pribadi.

Pipa hitam biasanya terbuat dari besi hot rolled yang di produksi dengan berbagai macam ukuran diameter dan ketebalan.

Pipa besi hitam terbuat dari besi baja yang sama dengan pipa besi galvanis, cuma pipa besi galvanis ditambahkan lapisan seng sedangkan pipa besi hitam tidak diberi tambahan apa-apa.

Pipa besi hitam cocok untuk mengalirkan gas tetapi tidak cocok untuk mengalirkan air karena gampang karatan. Sedangkan pipa besi galvanis cocok untuk mengalirkan air.

Beberapa fungsi pipa besi hitam dan galvanis adalah sebagai berikut:

Pipa besi banyak digunakan sebagai pipa saluran baik untuk air, limbah, hingga gas. Bahannya sangat kuat dan kokoh sehingga dijamin tidak akan mengalami kebocoran. Instalasi terbilang mudah karena terdapat juga sambungan dengan berbagai bentuk fitiing.

Tidak seperti pipa PVC yang mudah retak jika terkena tekanan yang tinggi, bahan bangunan ini bisa menopang beban yang berat. Karena itulah produk tersebut sering dipakai sebagai tiang pagar. Selain itu harga pipa besi juga bervariasi tergantung pada kualitasnya. Meskipun berada di luar ruangan, kondisinya tidak akan retak dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada bagian atap rumah sengaja dipasangi pipa supaya aliran air hujan dapat turun kebawah dan tidak tercecer. Untuk keperluan tersebut, biasanya menggunakan produk ini mengingat ketahanannya yang cukup tinggi. Baik kondisi hujan maupun panas, tidak akan mengalami kerusakan. Pilih yang paling tebal sementara ukurannya sesuaikan saja dengan kebutuhan. Untuk memperoleh pipa dari besi cukup mudah dan merknya juga banyak.

Industri kreatif juga sudah mulai melirik bahan ini untuk dijadikan perabot yang multifungsi dalam bentuk furnitur. Hal ini tidak terlepas dari sifat yang dimiliki oleh pipa yang terbuat dari besi tersebut. Dibandingkan dengan menggunakan kayu, besi jauh lebih aman dan awet dan tahan terhadap serangan rayap. Perawatannya juga mudah dan tidak membutuhkan treatment khusus. Untuk dekor, pewarnaannya dapat menggunakan cat besi dengan warna yang sesuai.

 

Pada Pipa Galvanis terjadi proses Galvanization (atau galvanisasi) adalah proses penerapan protective zinc coating pada baja atau besi, untuk mencegah berkarat. Istilah ini berasal dari nama ilmuwan Italia Luigi Galvani. Meskipun galvanisasi dapat dilakukan dengan elektrokimia dan proses elektrodeposisi, metode yang paling umum digunakan saat ini adalah hot-dip galvanisasi, bahan baja di rendam didalam bak zinc cair (molten zinc).

Sedangkan disini lebih dikenal dua teknik dasar dalam pelapisan anti-karat pada besi yaitu Galvanis atau Galvanized atau Galvalume. Untuk Galvalum finishingnya terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon.

Teknik Kedua disebut Zincalume. Zincalume pelapisannya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zinc dan 2% adalah unsur alumunium. Zincalume sering dipakai untuk pelapisan besi atau baja ringan dengan berat perbatangnya kurang dari 5kg.

Pipa Besi hitam banyak diguanakan untuk saluran air dan proyek konstruksi