Harga Pompa Air Shimizu, Panduan Membeli Pompa Air

Harga Pompa Air Shimizu 2021, Panduan Membeli Pompa Air. SHIMIZU mengawali bisnisnya pada tahun 1990 dengan pabrik di daerah Cikupa, tahun 2002 mulai menempati pabrik baru dengan lahan seluas 1,5 hektar di Balaraja, Tangerang. Hingga kini pengembangan teknologi SHIMIZU adalah menghasilkan lebih dari 20 model pompa

SHIMIZU merupakan produk pompa air pertama di Indonesia yang meraih sertifikat Standard Nasional Indonesia (SNI). Dengan kualitas yang telah teruji dan terpercaya, pompa air SHIMIZU telah di ekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Myanmar.

Harga pompa air Shimizu sangat bervariasi tergantung pada spek dan kualitasnya. Banyaknya model pompa air Shimizu membuat konsumen bisa menentukan mana yang paling tepat sesuai kebutuhannya.

 

Harga Pompa Air Shimizu tersebut tentu bisa berbeda pada toko atau kota yang berbeda. Namun bisa menjadi referensi jika kita memerlukan panduan harga pompa air Shimizu.

Ukurlah kedalaman air dari permukaan air sampai dasar sumur air tanah di mana pipa pompa air akan di pasang. Informasi mengenai kedalaman permukaan air seringkali tidak sesuai atau tidak benar, ukurlah pada kedalaman air dengan tali yang di kasih pemberat, atau kalau sumur tidak terlalu dalam dapat diukur dengan kayu/bambu saja, sekaligus dapat juga mengukur kedalaman sumurnya. Apabila anda mengalami kesulitan bisa tanya ke tukang sumur atau tukang service pompanya.

Untuk kedalaman air pada permukaan yang kurang dari 7 meter, pilihlah jenis mesin pompa untuk sumur dangkal, baik non otomatis atau otomatis. Untuk kedalaman 7–9 m seharusnya menggunakan pompa sumur dangkal dengan tipe semi jet pump. Dan kalau untuk sumur dengan kedalaman 20 sampai 30 meter atau sumur bor harus menggunakan pompa air jet pump .

Dari spesifikasi pada mesin pompa air, anda dapat membandingkan kedalaman permukaan air dengan informasi daya hisap pompa. pada umumnya standard yang digunakan oleh produsen pompa air adalah kedalaman permukaan air maksimal dimana air dapat terhisap.

Maksimal belum tentu juga optimal, karena pada daya hisap maksimal, bisa jadi anda hanya mendapatkan air sejumlah 1 liter, dalam waktu 1 jamnya. dan tentu saja ini tidak efisien. Contoh: Informasi spesifikasi daya hisap dari toko/produsen umumnya mencantumkan 11 meter untuk jenis semi jet pump padahal idealnya cuma di kedalaman 7–9 m.

Untuk suara mesin pompa air  meskipun pompa baru kadang ada yang bersuara kasar, mintalah ganti dengan mesin pompa yang lainnya, kemungkinan pompa terlalu lama sehingga laker mesin mengering tidak ada pelumas, bisa juga pemasangan laker agak miring. Setelah minta diganti jangan lupa dicoba lagi di toko dimana tempat anda membeli mesin pompa air tersebut, sampai anda menemukan mesin pompa air yang benar-benar halus suaranya.

Carilah informasi tentang berapa volume air yang dihasilkan pada mesin pompa tersebut untuk tiap jamnya, biasanya di buku petunjuk mesin pompa tersebut sudah ada, apa bila kesulitan mintalah informasi kepada produsen tersebut. untuk keperluan rumah biasa hal ini tidak begitu penting, semua pompa pasti mencukupi keperluan rumah tangga anda.

Pompa biasa berdaya listrik 125 atau 200 watt sedangkan semi jet pump berdaya 100 atau 250 watt, daya listrik yang lebih besar bukan berarti dapat menghisap lebih dalam. Contoh: dengan daya 200 watt, kapasitas air yang dikeluarkan oleh pompa air tersebut per jam, lebih besar dari pada yang 125 watt. Berbeda pula dengan mesin pompa berjenis Jet pump, daya listrik yang besar mempunyai daya hisap yang lebih dalam pula.

Dengan kedalaman sumur hingga 12 meter, anda dapat menggunakan mesin pompa yang ber jenis jet pump berdaya listrik 125 atau 150 watt. Pada informasi spesifikasi produk dari produsen umumnya disebut memiliki daya hisap hingga 15 meter.

Untuk kedalaman permukaan air lebih dari 12 meter ada patokan standar yang umumnya sudah diketahui oleh toko atau tukang pompa air, yaitu : 15 meter adalah kedalaman maksimal yang optimal untuk pompa jet pump 250 watt atau dengan 300 watt, 17 meter untuk yang berdaya 375 watt, dan dengan kedalaman  20 meter untuk yang ber kapasitas daya listriknya 500 watt.

Lebih dari patokan tersebut pada umumnya kapasitas air yang keluar dari pompa air sudah tidak optimal untuk penggunaan rumah tangga yang sederhana sekalipun.

Jangan terkecoh dengan informasi spesifikasi daya hisap dari produsen, yang umumnya mencantumkan daya hisap sampai 25 meter untuk pompa jet pump berdaya 250 atau 300 watt, bila kedalaman permukaan air anda sudah melebihi batas 20 meter, anda sudah disarankan untuk menggunakan pompa celup atau pompa berjenis submersible.

Hingga ketinggian berapa air akan disalurkan. Untuk itu anda perlu mempelajari lebih lagi dari pompa air. Biasanya disebut Total Head. Daya dorong juga dipengaruhi oleh berapa kedalaman hisapnya. Makin pendek daya hisap, makin jauh daya dorongnya. Maka dari itu usahakan untuk menempatkan mesin pompa air dengan sumber air atau sumur serendah-rendahnya.

Ini juga mempengaruhi merek yang akan dibeli. Patokan point 5 dan 6 diatas dapat juga dikatakan sama untuk semua merk, sehingga mesin pompa air berdaya sama tetapi berharga lebih mahal, tidak berarti memiliki daya hisap yang lebih baik juga.

Perbedaan harga pada masing-masing merek, lebih pada kualitas dari lilitan motornya, yang mempengaruhi panjang pendek umur pompa, adalah kualitas bahan, komponen motor dan elektronik dan juga layanan purna jualnya.

Baik itu merk kelas termurah seperti Pompe, Airlux dan lain-lain, merk menengah seperti Shimizu, Sanyo, Panasonic, Wasser, DAB AQUA, dan lain-lain, bahkan merk kelas atas seperti Grundfos, Pentax, Pedrolo.

Sehingga memilih merk yang sesuai tergantung dari budget dan juga preferensi merk yang anda miliki. Pilih pompa dari merek terpercaya, menyediakan layanan serta purna jual di kota anda dengan suku cadang juga terjamin. Hati-hati dengan pompa palsu yang beredar sekarang ini, karena kualitasnya juga pasti tidak terjamin dan tidak dapat diperbaiki apabila terjadi kerusakan.

Untuk rumah tangga biasa dengan merk dan yang harga terjangkau tidak ada masalah. Kecuali untuk hotel, restoran dan lain-lain sebaiknya menggunakan jenis pompa yang  kelas atas dengan harga 2jtan keatas dan merk pompa yang sudah terkenal, pompa yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, kenapa? mesin pompa yang bagus juga tahan panas, kalau cepat panas mesin pompa juga mudah terbakar dan spare partnya juga mudah di cari, dan service center juga tentunya tidak jauh dari kota tempat anda tinggal, maka anda sebaiknya menggunakan pompa air berjenis jet pump.

Jika sumur anda lebih dalam lagi anda bisa menggunakan pompa air sentrifugal atau pompa celup bahkan di atas 50 meteran bisa menggunakan submersible pump yang fungsinya sudah tidak dengan sistem hisap tapi dengan sistem dorong.

Sumur Dangkal

Pompa air mini untuk sumur dangkal ini merupakan jenis pompa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Kegunaannya untuk menghisap air dari jarak yang pendek ini membuatnya menjadi lebih hemat daya listrik. Ada beberapa tipe pompa sumur dangkal dengan spesifikasinya masing-masing. Kisaran harga untuk pompa air shimizu ini sekitar empat ratus hingga sembilan ratus ribu rupiah.

Semi Jet Pump

Jenis semi jet pump ini fungsinya juga untuk memompa air dalam jarak yang dekat. Namun, jenis ini memiliki sistem yang hampir sama dengan jet pump sehingga daya listrik yang dikeluarkan pun bisa lebih rendah dibandingkan dengan pompa sumur dangkal.

Ada tiga tipe semi jet pump antara lain Shimizu Jet 108 BIT, Shimizu Jet 100 BIT, dan Shimizu Jet 300 BIT. Harga pompa air dari setiap spesifikasinya tersebut berbeda-beda.

Jet Pump

Berbeda dengan dua jenis pompa air di atas yang berfungsin untuk sumur dangkal. Jet pump memiliki daya hisap yang lebih kuat sehingga bisa digunakan untuk sumur dalam. Untuk pemasangannya, pompa ini membutuhkan dua pipa yang dimasukkan ke dalam sumber air dan dihubungkan langsung pada mata jet. Harga pompa air yang ini lebih mahal daripada pompa sebelumnya. Harganya dari setiap tipe mencapai jutaan rupiah.

Submersible Pump/Pompa Celup

Dalam penggunaannya, mesin pompa air ini digunakan dengan cara dibenamkan di dalam air. Kelebihan dari jenis pompa ini yaitu tidak memerlukan pipa hisap. Dari beberapa spesifikasi yang pompa ini maka harga yang ditawarkan berkisar dari satu hingga empat juta rupiah.

Shimizu merupakan salah satu pompa air tanpa listrik yang memiliki banyak keunggulan. Karena tidak menggunakan listrik, maka dengan menggunakan pompa ini bisa lebih menghemat biaya dan juga bisa digunakan di dalam area yang tidak terdapat listrik seperti wilayah pedalaman.

 

Shimizu tangguh dan awet