Harga Triplek, MDF, Partikel dan Plywood Terbaru 2021

Harga Triplek, MDF, Partikel dan Plywood Berbagai merek terbaru 2021.  harga Triplek Tahun 2021 masih stabil akibat menurunnya eksport dan permintaan karena pandemi Covid-19. Triplek, MDF dan partikel merupakan jenis kayu buatan. Kayu buatan berkembang seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi industri kayu dan membuat bahan-bahan kayu lebih terarah dan bermanfaat sesuai dengan kegunaan kayu pada umumnya dan kehidupan manusia khususnya.

Kayu buatan dalam hal ini berupa papan kayu terdiri dari kayu lapis (plywood) dan papan partikel serta campuran bahan lain seperti kertas, gift, mika dan sebagainya. Adapun beberapa keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan kayu buatan ini yaitu:

 

Berikut ini daftar harga Trilpek, MDF dan partikel

Kayu lapis jenis ini bahannya lebih lunak. Biasa dibuat dengan bahan kayu Albasia atau Jinging. Hal ini populer di Jawa Barat. Sedangkan di Jawa Tengah ada kayu Sengon dan Angsana.

Berbeda dengan soft wood, hard wood dibuat dengan bahan kayu yang keras. Hard wood pada umumnya dibuat dengan bahan dari kayu meranti dan kayu pohon buah-buahan. Triplek jenis ini biasanya digunakan untuk membuat berbagi macam furniture, papan untuk pengecoran serta bakesting.

Jenis kayu untuk triplek lainnya

Bisa dibilang partikel board adalah triplek kasta terbawah. Triplek ini dibuat dengan bahan serbuk kayu kasar, sehingga sangat rentan oleh air. Pada proses pembuatannya, bubuk-bubuk kayu yang diolah akan ditekan (press) sehingga memadat namun tetap berpori.

Jenis papan yang kedua adalah blockboard. Jenis ini dibuat pada umumnya menggunakan kayu sebanyak 3 lapis. Sedangkan ketebalannya sendiri bervariasi, mulai dari 0,5 hingga 2mm. Selain itu serat dari triplek blockboard pun bermacam-macam, mulai dari serat jati hingga yang berlapis melaminto.

MDF atau Medium Density Fiberboard merupakan papan serat kayu yang pada umumnya dibuat dengan bahan berupa serat kayu. Nantinya serat kayu ini diambil dari dua jenis kayu, baik lunak maupun keras. MDF banyak digunakan sebagai bahan furnitur karena kualitasnya yang baik.

Triplek Teakwood terbuat dari veneer jati, merupakan triplek yang mempunyai urat kayu yang jika dilihat sangat indah jika dibandingkan dengan triplek biasa. Biasany triplek jenis ini digunakan untuk mempercantik dinding rumah dalam.