Ingin Membuat Taman di Lahan Sempit? Ini Cara Mudahnya

Punya lahan kecil di depan rumah dan ingin menjadikannya taman? Mengapa tidak! Asalkan kamu tahu tips dan triknya maka kamu bisa membuat taman di lahan yang sempit sekalipun. Kamu bisa mengikuti tips mudah berikut ini untuk membuat taman yang asri dan sejuk meski lahannya sempit.

Jika memang kamu mau membangun sebuah taman dengan lahan terbatas, ada baiknya kamu memilih warna yang cerah dan juga alami. Gunakan elemen natural misalnya kayu, batu, tanah liat hingga bambu. Elemen ini bisa didapatkan dari pot bunga, furniture taman hingga pelapis dinding. Jangan lupa dipadu dengan warna bunga yang cerah dan serasi.

Jika lahan terlalu terlalu sempit, kamu bisa menggabungkan ruangan teras rumah dengan taman.  Misalnya saja memakai teras dan mengisinya dengan berbagai macam tanaman. Beberapa jenis tanaman yang bisa dipakai antara lain mawar, lavender dan clematis. Kamu juga bisa memakai pohon kecil yang membuat latar taman semakin indah dan membuat ruang semakin intim.

Biasanya rumah memiliki pagar pembatas yang akhirnya membuat tampilan rumah menjadi sempit. Pagar inilah yang membuat tampilan halaman rumah menjadi terbatas. Padahal kamu bisa membuat pagar rumah menjadi bagian dari taman. Dengan demikian bisa membuat taman di lahan sempit.

Kamu bisa membuat pagar menjadi kesan yang alami dengan cara menambahkan tanaman pada pagar. Kesan yang alami ini juga bisa membuat taman menjadi kesan minimalis bila dilakukan dengan baik.

Anda bisa membuat pagar tersebut menjadi memiliki kesan alami. Kesan alami tersebut dimunculkan dengan menambahkan tanaman di pagar tersebut. Namun kamu harus merawatnya dengan baik supaya tetap rapi. Jika kamu adalah tipe orang sibuk, kamu bisa memilih model tanaman dengan daun kecil dan ramping.

Selain pagar, kamu juga bisa memanfaatkan dinding untuk ditanami berbagai tanaman. Konsep vertikal garden bisa jadi cara untuk membuat taman di lahan sempit. Pemilihan tanaman menjadi hal terpenting dan alangkah baiknya kamu memilih tanaman yang tidak membutuhkan pemangkasan terlalu sering.

Taman di lahan sempit bisa semakin indah dengan bantuan rumput. Ini bisa bermanfaat untuk menyamarkan halaman sempit. Halaman bisa jadi lebih luas jika ada gradasi warna dari rumput. Untuk tampilan yang lebih estetik, kamu bisa memakai rumput jepang. Kamu juga bisa memakai rumput gajah untuk hal ini. Tanam rumput di beberapa sudut taman atau di seluruh bagian taman.

Agar taman semakin indah meski lahannya tidak besar, kamu bisa melakukan perpaduan dengan batuan alam. Dengan batuan alam, taman bisa lebih indah. Unsur alam bisa lebih terasa dan lengkap dengan bantuan batuan ini. Kamu bisa mengaplikasikannya di area sekitar rumput atau bisa menjadi jalur setapak.

Kamu bisa menata tanaman dengan model horizontal-vertikal. Kamu bisa menata dengan cara susunan ke atas atau menata dengan susunan deretan. Pola ini bisa menghemat tempat di tempat yang terlalu kecil serta membuat taman menjadi lebih estetik. Dengan demikian, taman bisa lebih enak dipandang.

Tak ada masalah jika membuat taman di lahan sempit. Hanya saja kamu harus menata dengan tepat supaya tidak terkesan liar dan bertumpuk. Dengan demikian taman jadi lebih enak dipandang.