5 Jenis Sambungan Las dan Kampuh Las Pada Proses Pengelasan

Jenis Sambungan Las dan Kampuh Las Pada Proses Pengelasan. Disaat pembuatan produk-produk pengelasan, penting untuk merencanakan material pengelasan dan sambungan-sambungan las secara hati-hati agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, menampilkan fungsi-fungsi model perencanaan.

Disaat merancang sebuah sambungan las, tentukan rencana-rencana tersebut didalam format gambar. Retak-retak pada struktur las disebabkan karena material, prosedur pengelasan dan rencana yang kurang baik, dsb. Dari penyebab-penyebab tersebut, rencana yang kurang baik menyebabkan hampir 50% keretakan.

Perencanaan yang kurang baik yang menyebabkan retak, dapat disebabkan perhitungan kekuatan yang salah (perhitungan penentuan muatan dan tegangan), dan rencana struktur yang tidak tepat (jenis sambungan yang tidak tepat, garis bentuk yang terputus, dan material yang tidak tepat), dsb.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan dan yang harus diperhatikan ketika merancang sambungan. Yang harus diperhatikan ketika merancang/mendisain sambungan las :

Berikut ini adalah jenis sambungan las yang banyak digunakan pada berbagai industri logam dan konstruksi. Jenis Sambungan las ini juga bisa divariasikan dalam berbagai bentuk.

 

Berbagai Variasi Tipe Sambungan las T Join

 

 

 

 

Tipe Sambungan Variasi Lap Joint

 

 

 

 

 

Gaya Pengelasan Digunakan Untuk Membuat Sambungan Tepi:

 

 

 

 

 

 

Gaya Pengelasan Digunakan Untuk Membuat Sambungan Sudut:

 

 

 

 

 

Variasi Jenis Sambungan las dengan Butt Joint: