Aplikasi Beton Kinerja Tinggi Pada Proyek Konstruksi Sipil

Aplikasi Beton Kinerja Tinggi Pada Konstruksi Sipil. Ada beberapa aplikasi beton kinerja tinggi di bidang teknik sipil karena sifat-sifatnya yang unggul seperti kekuatan tinggi dan daya tahan yang baik. Beton berkinerja tinggi telah digunakan dalam pembangunan jembatan, struktur tenaga air, trotoar, jembatan, perisai radiasi kepadatan tinggi, proyek beton massal, peredam kebisingan dan getaran platform lepas pantai, terowongan, dan bangunan bertingkat tinggi.

Penggunaan beton kinerja tinggi dalam konstruksi bangunan bertingkat tinggi mengarah pada pengurangan beban mati, defleksi, getaran, dan perawatan beton.

Penggunaan beton kinerja tinggi dalam konstruksi struktur jembatan memberikan beberapa perbaikan struktural. Misalnya, meningkatkan daya tahan struktur dan karenanya meningkatkan usia pemakaian.

Selain itu, balok beton pratekan bentang lebih panjang dapat dibangun ketika beton berkinerja tinggi digunakan. Ini karena hasil konkret seperti itu dalam kerugian pra-stres yang lebih kecil dan akibatnya stres yang diijinkan lebih besar dan penampang yang lebih kecil tercapai.

Selain itu, konstruksi elemen struktural ukuran yang lebih kecil mengarah pada pengurangan berat, dan karenanya penanganannya akan lebih ekonomis. Resistensi klorida struktur ditingkatkan karena penggunaan bahan pozzolanic seperti silica fume dan fly ash.

 

Penerapan beton berkinerja tinggi di perkerasan jalan raya sangat menguntungkan karena potensi manfaat ekonomi yang dapat diperoleh dari penguatan awal beton berkinerja tinggi, berkurangnya permeabilitas, peningkatan ketahanan abrasi terhadap ban, dan peningkatan daya tahan beku-cair.  Beton berkinerja tinggi juga dapat digunakan untuk memperbaiki trotoar yang rusak karena dapat digunakan dengan cepat.

 

Beton berperforma tinggi telah digunakan untuk pelapis saluran, terowongan pengalihan, terowongan headrace, terowongan flushing, tailrace tunnel untuk meningkatkan kinerja struktur ini dalam menangani air dengan kecepatan tinggi dan sejumlah besar lumpur. Penggunaan beton Kinerja Tinggi menghasilkan perbaikan yang lebih rendah, di satu sisi, dan peningkatan daya tahan, di sisi lain.

 

Serat baja dapat ditambahkan ke beton berkinerja tinggi untuk meningkatkan sifat mekanik seperti kekuatan tarik dinamis dan statis, abrasi dan ketangguhan energi, dan ketahanan terhadap kelelahan.

Beton yang diperkuat serat telah digunakan dalam beberapa aplikasi, misalnya lapisan perkerasan, pelat lantai, cangkang tipis, stabilisasi lereng batu, dan banyak produk pracetak.