Bagaimana Cara Kalibrasi Hoverboard yang Benar?

Sebuah hoverboard harus tetap seimbang agar bisa dikendarai dengan aman dan nyaman. Giroskop merupakan komponen kunci yang membuat hoverboard tetap seimbang dan tegak sepanjang perjalanan. Komponen hoverboard tersebut bekerja mengumpulkan data yang berasal dari sensor kemiringan lalu data tadi dikirimkan ke motherboard.

Namun, agar bisa bekerja secara optimal, giroskop harus dikalibrasi dengan baik dan benar. Dengan begitu, giroskop akan mampu mengirim data akurat ke motherboard sehingga perangkat bisa dikendarai dengan aman. Apabila giroskop tidak dapat membaca data dengan tepat maka respon gerakan akan mati. Oleh karena itu, Anda harus mengkalibrasi atau menyetel ulang giroskop hoverboard dengan benar.

Ada beberapa momen di mana Anda harus melakukan kalibrasi terhadap perangkat hoverboard. Saat pertama membelinya adalah momen wajib untuk mengkalibrasi ulang hoverboard. Selanjutnya, kalibrasi sebaiknya dilakukan ketika hoverboard mengalami salah satu dari beberapa hal berikut:

Sebenarnya, apapun masalah yang berhubungan dengan keseimbangan hampir pasti berhubungan dengan giroskop sehingga harus dilakukan kalibrasi. Jika hoverboard sudah dikalibrasi saat bermasalah namun tetap tidak membaik, sebaiknya segera ganti giroskop. Anda bisa membeli suku cadang di situs web resmi produsen hoverboard Anda.

Setiap merk atau tipe hoverboard rata-rata memiliki metode kalibrasi yang serupa. Anda bisa memeriksanya di buku panduan manual untuk memastikannya. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan kalibrasi setiap perangkat hoverboard:

Apabila hoverboard yang Anda miliki adalah hoverboard bluetooth, maka Anda bisa melakukan kalibrasi dengan langkah yang sama seperti di atas. Namun hoverboard bluetooth sebaiknya tidak sering direset atau dikalibrasi ulang kecuali benar-benar perlu. Karena apabila terlalu sering dikalibrasi maka chip bluetooth bisa terbakar sehingga beresiko untuk keseluruhan perangkat hoverboard.

Kalibrasi untuk hoverboard bluetooth lebih disarankan untuk menggunakan aplikasi seluler khusus yang terhubung dengan perangkat. Berikut ini langkah-langkahnya:

Setelah kalibrasi berhasil dilakukan, langkah terakhir adalah melakukan pengujian hoverboard. Nyalakan hoverboard dan pastikan tidak ada lampu merah berkedip. Naiki hoverboard dan cobalah mengendarainya pada permukaan rata. Jangan lupa untuk selalu memakai perlengkapan keselamatan dasar seperti helm dan pads.

Coba untuk berbelok untuk mengetes apakah bagian kanan dan kiri bergerak sama. Coba untuk memutar juga. Arahkan ke tanjakan untuk mengetahui tegak tidaknya papan hover. Jika semuanya aman dan nyaman, berarti kalibrasi sudah berhasil. Jika terasa aneh dan ada yang salah, mungkin sudah waktunya untuk mengganti giroskop. Apabila masih ragu, sebaiknya konsultasikan dengan ahli dan biarkan mereka memeriksanya lebih detail.