Bahan Pengisi Las GTAW, Filler Rod Pada Pengelasan GTAW

Bahan Pengisi Las GTAW, Filler Rod Pada Pengelasan GTAW. Bahan pengisi atau filler rod merupakan logam pengisi kampuh las pada poses las GTAW. Logam pengisi mempunyai panjang 1 meter, merupakan kawat lurus tidak berselaput, dilapisi dengan lapisan tipis tembaga untuk melindungi dari karat.

Kawat logam pengisi yang berkarat atau berminyak menyebabkan cacat las. Sehingga kawat logam pengisi tidak boleh tersentuh oleh tangan telanjang atau oleh sarung tangan kotor. Yakinkan untuk menggunakan sarung tangan yang bersih bila membawa kawat logam pengisi.

Bahan pengisi mempunyai banyak jenisnya tergantung dari logam induk yang akan dilas. Terdapat banyak kodefikasi bahan pengisi, tergantung dari standar yang membuatnya. Misalnya:

Diameter Bahan Pengisi Las GTAW tersedia dalam ukuran Ø 1.0; Ø 1,2; Ø 1,6; Ø 2,0; Ø 2,4; Ø 3,2; Ø 4,0; Ø 5,0 mm. Bahan pengisi dikemas dalam kemasan 5 dan 10 Kg. dengan panjang satu meter. Pada penggunaannya bahan pengisi diumpankan ke cairan las layaknya proses las OAW, yaitu torch oleh tangan kanan sementara bahan pengisi oleh tangan kiri.

AWSmengeluarkan beberapa standar bahan pengisi berdasarkan logam induk yang akan dilas, diantaranya:

Bahan pengisi yang digunakan untuk mengelas baja karbon mempunyai kode ER70S-2, ER70S-6, dan seri ER70S-seri lainnya yang mempunyai angka berbeda. Angka tersebut menunjukan macam tambahan bahan kimia dalam bahan pengisi. Filler rodsini digunakan untuk mengelas pelat baja, pipa berdiameter kecil dan root pass.

 

Bahan pengisi dengan kode ER308 dan ER308L, merupakan bahan pengisi yang paling sering digunakan untuk mengelas Stainless Steel tipe 304 maupun tipe seri 300 lainnya, yang digunakan di bidang manufaktur.

Bahan pengisi dengan kode ER309 dan ER309L diigunakan untuk pengelasan logam induk yang berbeda, tahan panas tinggi dan tahan korosi. Sedangkan bahan pengisi dengan kode ER316 dan 316L digunakan untuk bejana tekan, katup, peralatan kimia dan aplikasi dilaut. Huruf “L”menunjukan karbon yang sangat rendah dan tahan korosi.

 

Bahan pengisi dengan kode ER4043 digunakan untuk mengelas paduan alumunium seri 6000, bersama dengan sebagian besar paduan cor lainnya. Bisa digunakan untuk mengelas komponen otomotif seperti rangka, poros penggerak, rangka sepeda.

Bahan pengisi dengan ER5356 merupakan paduan alumunium dengan magnesium. Digunakan untuk mengelas paduan alumunium cor dan tempa. Umumnya digunakan untuk pengelasan paduan alumunium seri 5000 atau 6000.