Baja Sebagai Bahan Konstruksi, Kelebihan & Kelemahannya

Baja Sebagai Bahan Konstruksi Bangunan dan Properti. Dewasa ini banyak bangunan dan gedung bertingkat yang menggunakan baja semakin penyangga properti. Baja merupakan bahan yang mempunyai sifat struktur yang baik. Baja mempunyai kekuatan yang tinggi dan sama kuat pada kekuatan tarik maupun tekan.

Berat jenis baja tinggi, tetapi perbandingan antara kekuatan terhadap beratnya juga tinggi sehingga komponen baja tersebut tidak terlalu berat jika dihubungkan dengan kapasitas muat bebannya, selama bentuk-bentuk struktur yang digunakan menjamin bahwa bahan tersebut dipergunakan secara efisien.

Sifat-sifat baja dapat dipengaruhi oleh campuran logam yang lain. Campuran logam itu dapat menambah kekokohan, kekerasan, keuletan regangan, kekuatan daya pikul, daya tahan karat, dan lain-lain. Namun demikian, campuran logam tertentu dapat pula mengurangi daya kekuatan pikul, daya tahan suhu tinggi, keuletan, regangan, dan sebagainya.

Baja sebagai bahan konstruksi terutama digunakan sebagai struktur utama yang meliputi batang tarik, batang tekan, dan batang lentur. Batang tarik adalah batang-batang dari struktur yang dapat menahan pembebanan tarik yang bekerja searah dengan sumbu batang.

Batang tarik umumnya terdapat pada struktur baja sebagai batang pada elemen struktur penggantung, rangka batang, seperti: jembatan, atap dan menara. Selain itu, batang tarik sering berupa batang sekunder seperti batang untuk pengaku sistem lantai rangka batang atau untuk penumpu antara system dinding berusuk (bracing).

Batang tekan adalah batang-batang dari struktur yang dapat menahan beban tekan aksial yang searah dengan sumbu batang. Pada struktur baja terdapat 2 macam batang tekan, yaitu: kolom dan bagian rangka batang yang memikul gaya tekan.

Batang lentur adalah batang struktur yang menahan baban transversal atau beban yang tegak lurus sumbu batang. Menurut Ariestadi, Dian, 2008, batang-batang lentur pada struktur yang biasanya disebut gelagar atau balok bisa dikategorikan sebagai berikut:

 

Keuntungan-keuntungan penggunaan baja sebagai bahan bangunan, antara lain adalah:

Masa pakai bahan bangunan baja sangat dipengaruhi oleh pencegahan terhadap korosi. Pencegahan korosi dapat dibedakan sebagai berikut:

Pencegahan terhadap korosi secara non-logam:

Pencegahan terhadap korosi secara logam: