Berapa Lama Panel Surya Bisa Awet dan Optimal

Berapa Lama Panel Surya Bisa Awet dan Optimal. Saat Kita mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam instalasi tenaga surya, bertanya-tanya berapa lama panel surya rumah bertahan adalah pertanyaan yang pasti muncul. Untuk menenangkan pikiran Anda, penelitian telah membuktikan panel surya dapat bertahan antara 25 hingga 30 tahun – atau terkadang lebih

Namun, ini tidak berarti panel surya di atap Anda akan berhenti menghasilkan listrik setelah beberapa dekade. Itu hanya berarti produksi energi mereka akan berkurang berdasarkan apa yang dianggap optimal oleh produsen panel surya untuk memenuhi kebutuhan energi keluarga Amerika rata-rata.

 

Tingkat degradasi sistem energi matahari bervariasi tergantung pada merek, serta iklim tempat pemasangannya. Kabar baiknya adalah, data terbaru menunjukkan Panel surya modern melampaui semua ekspektasi

Menurut analisis National Renewable Energy Laboratory (NREL), beberapa produsen panel premium menawarkan tingkat degradasi serendah 0,3% per tahun; dan sementara merek lain memiliki tingkat degradasi yang lebih tinggi hingga 0,8% per tahun, itu masih merupakan tingkat degradasi rata-rata tahunan yang hanya 0,5%.

Artinya, meskipun Anda mendapatkan panel surya standar masa garansi 25 tahun dengan penurunan 0,5%, panel surya Anda akan terus beroperasi sekitar 88% dari kapasitas aslinya setelah waktu ini. Tidak terlalu buruk sama sekali!

 

Panel surya modern sangat andal, namun membutuhkan perawatan dan pembersihan yang tepat agar tetap dalam kondisi prima untuk menjamin  menerima penghematan solar sebesar mungkin selama 20 hingga 30 tahun ke depan.

Jadi jika panel surya tidak mengalami kerusakan fisik akibat angin kencang, puing-puing, atau faktor lain – Anda dapat tenang mengetahui bahwa panel tersebut akan bertahan puluhan tahun.

Jika panel Anda bebas dari daun, kotoran, serbuk sari, debu, kotoran burung, dan ranting yang berjatuhan, hal ini memberikan skenario yang sempurna untuk menghasilkan energi matahari dalam jumlah setinggi mungkin.

Jika panel Anda terhalang atau rusak oleh salah satu elemen ini dan Anda tidak memiliki pelatihan atau peralatan yang tepat untuk mengambil tindakan lebih lanjut, hubungi penyedia tenaga surya Anda untuk menerima bantuan.