Beton Kinerja Tinggi, Kelebihan High Performance Concrete (HPC)

Beton Kinerja Tinggi, Kelebihan High Performance Concrete (HPC). Saat ini spesifikasi beton terus meningkat sesuai dengan tuntukan zaman. Salah satunya dengan adanya beton berkinerja tinggai atau High performance Concrete.

Beton Kinerja Tinggi (High Performance Concrete, HPC) adalah beton yang memiliki sifat-sifat istimewa yang dirancang untuk memenuhi beberapa keuntungan dalam pelaksanaan struktur beton yang tidak selalu bisa dipenuhi oleh beton konvensional

Menurut The Strategic Highway Research Programme (SHRP), HPC untuk diaplikasikan dalam pekerjaan jalan raya harus memenuhi kriteria berikut:

 

Bahan ini adalah bahan tambah mineral (mineral admixtures) yaitu bahan bukan semen tetapi bisa bersifat menjadi bahan pengikat seperti semen setelah bereaksi dengan unsur kapur yang sudah ada dalam semen Portland yang memberikan pengaruh terhadap kekuatan dan durabilitas beton mutu tinggi.

Bahan tambah mineral merupakan bagian penting dari HPC. Bahan-bahan ini digunakan untuk berbagai maksud, bergantung pada sifat-sifatnya. Jenis bahan tambah mineral pozolan yang biasa digunakan adalah fly ash(FA), ground granulated blast furnace slag(GGBS), dan silica fume(SF).

Agregat dengan gradasi yang optimal (optimally graded aggregates) untuk meningkatkan kemudahan pengerjaan (workability). Parameter-parameter penting agregat kasar yang berpengaruh terhadap kinerja beton adalah bentuk (shape), tekstur (texture), dan ukuran maksimum (maximum size) agregat. Dalam hal beton normal, apabila agregat lebih kuat dari kekuatan pasta, kekuatan agregat bukan merupakan faktor utama untuk mencapai kekuatan beton.

Bahan tambah kimia (admixture) yang mampu mengurangi air campuran dengan kadar cukup tinggi tapi menghasilkan adukan beton mengalir yang sangat mudah dikerjakan (flowability).Superplasticizer digunakan secara luas dalam HPC dengan nilai rasio air-material semen sangat rendah.

Tujuan utama menggunakan superplasticizer adalah :

Bahan tambah kimia (admixture) yang berfungsi untuk mengontrol/menunda pengikatan (setting) beton. Dalam HPC, penggunaan retarder disarankan untuk meminimalkan kehilangan konsistensi adukan beton segar(slump loss).

Biladigunakan secara bersamaan dengan superplastisizer, retarder harus sesuai (compatible) dengan superplastisizer. Oleh karena itu penggunaan retarder dalamHPC hanya jika kondisinyat erpaksa (lebihdisarankan menggunakan bahan tambah mineral)

Ada beberapa keuntungan dari aplikasi beton performance tinggi (HPC) dalam konstruksi bangunan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan beton konvensional.

Kekuatan, daya tahan, ketahanan terhadap serangan kimia, dan kemampuan kerja beton kinerja tinggi tinggi. Jadi, beton kinerja tinggi lebih unggul dari beton biasa di semua properti.

Beton berperforma tinggi didefinisikan sebagai “Beton yang memenuhi persyaratan kinerja dan keseragaman khusus yang tidak selalu dapat dicapai secara rutin dengan hanya menggunakan bahan konvensional dan praktik pencampuran, penempatan dan pengeringan normal”, sesuai ACI 363.

Keuntungan menggunakan kekuatan tinggi beton performance tinggi sering menyeimbangkan kenaikan biaya material. Berikut ini adalah keunggulan utama yang bisa dicapai.