Dalam membuat SKA atau sertifikat keahlian mungkin seseorang akan berfikir bahwa prosesnya membutuhkan biaya yang mahal. Tapi siapa sangka, ternyata untuk mengurus pembuatan SKA ini tidak memerlukan biaya yang mahal? Ya, bila Anda akan membuat Sertifikat Keahlian, Anda perlu ketahui terlebih dahulu apakah jenis SKA yang akan Anda urus. Sebab, harga dari pembuatan SKA tersebut tergantung dari sertifikat keahlian yang akan diurus. Bila jenis SKAnya berbeda, tentu saja harganya juga berbeda.

Bila Anda mengetahui jenis SKA yang diurus, tentu tidak hanya akan memudahkan Anda untuk mengetahui biaya yang diperlukan. Anda juga akan mudah dalam menemukan informasi apa saja syarat yang diperlukan untuk pembuatan SKA. Syarat pembuatan SKA ini wajib untuk dipenuhi, bila tidak dipenuhi tentunya proses pembuatan SKA tidak bisa dilakukan.

Apa Saja Syarat Pembuatan SKA?


Untuk membuat SKA atau sertifikat keahlian, berikut adalah berkas yang harus dilengkapi :

  1.        Foto Copy/ Scan Ijazah
  2.         Foto Copy / Scan KTP
  3.         Foto Copy / Scan NPWP
  4.         Pas Photo Ukuran 3×4
  5.       Photo Pegang Ijazah Asli

Selain dari syarat berkas yang harus dipenuhi tersebut, sebagai pemohon Anda juga harus ketahui bahwa ada syarat tahun kelulusan ini juga harus dipenuhi. Berikut adalah syarat tahun kelulusan ijasah/pengalaman pemohon pembuatan sertifikasi SKA :

  •           Untuk SKA muda tahun kelulusan ijasah harus lebih dari 1 tahun untuk S1 dan 3 tahun untuk D3
  •        Untuk SKA Madya Tahun Kelulusan Ijasah Harus Lebih dari 3 tahun
  •        Untuk SKA utama tahun kelulusan ijasah harus lebih dari 10 tahun untuk S1, 6 tahun untuk S2 dan 4 tahun untuk S3

Bila Anda sudah memenuhi kualitifikasi atau syarat tersebut, tentunya akan semakin mudah bagi Anda untuk mengurus pembuatan SKA. Akan tetapi, perlu diketahui pula untuk mengurus SKA tersebut, bila Anda tidak bisa mengurusnya sendiri, maka yang perlu dilakukan adalah menggunakan biro jasa. Biro jasa pembuatan SKA kini sudah banyak yang hadir untuk membantu mengurus pembuatan SKA.

Baca : Biaya Pembuatan SKT Terbaru

Berapa Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Pembuatan SKA?

Untuk dapat membuat SKA, Anda juga perlu mempersiapkan biaya pembuatan SKA. Biaya pembuatan SKA yang diperlukan ini berbeda-beda tergantung jenis SKA yang diurus. Lebih lengkapnya, berikut biayanya :

  1.       Biaya SKA Kualifikasi MUDA yang diperlukan mulai dari Rp.3.000.000
  2.       Biaya SKA Kualifikasi MADYA yang diperlukan mulai dari Rp.4.000.000
  3.       Biaya SKA Kualifikasi UTAMA yang diperlukan mulai dari Rp.8.000.000

Biaya tersebut tentunya dapat berubah-ubah tergantung dari bagaimana Anda mengurusnya, dan biro jasa mana yang akan mengurus pembuatan SKA Anda. Bila Anda menggunakan biro jasa yang tepat, tentunya biaya yang ditawarkan tidaklah mahal.

Kami Intiglobal hadir untuk Anda menawarkan layanan jasa buat SKA bagi Anda yang akan membuat SKA namun tidak bisa mengurusnya sendiri. Anda bisa menggunakan jasa Kami untuk mengurus pembuatan SKA Anda. Baik untuk pembuatan SKA muda, SKA Madya maupun SKA Utama. Kami siap bantu Anda hingga proses pembuatan SKA selesai dilakukan. Informasi lebih lanjut konsultasikan segera pada Kami.