Biaya PLTS 1300 Watt Sistem Off Grid dan On Grid

Biaya PLTS 1300 Watt On Grid dan Off Grid. Minat masyarakat pada energi listrik tenaga matahari terus meningkat. Apalagi berbagai perlengkapan harganya kian terjangkau dan mudah diperoleh. Selain itu berbagai forum dan group Facebook untuk belajar madiri juga kian banyak. memasang PLTS sendiri untuk rumah bukanlah hal yang rumit sekarang.

Menikmati listrik tenaga surya tidak harus mahal karena peralatannya semakin hari semakin turun harganya karena kapasitas produksi pabrik yang terus meningkat dan efisien. Kita bahkan bisa menggunakan material yang ada dulu misalnya aki bekas mobil, SCC (solar charge controller) murah, dan panel surya bisa dimulai dengan wp kecil.

Menurut Data PLN pengguna listrik Rumah tangga berkisar antara 220 kWh – 260 kWh sehingga pengunaan perhari rata-rata 7.5 kWh/Hari atau rata-rata 310 Watt per jam. Kita bisa melakukan perakitan sendiri dengan cara yang sederhana, di berbagai forum facebook dan youtube berserakan tutorialnya, sesuaikan saja dengan biaya dan kapasitas kita sambil pelan-pelan upgrade.

Namun sebelum merakit PLTS 1300 watt sebenarnya lebih real jika kita melakukan perhitungan beban secara akurat agar perhitungan sistem kita tidak meleset. berikut ini perkiraan penggunaan beban rata-rata pengguna untuk Listrik 1300 Va

Sistem PLTS Off Grid adalah sistem yang terpisah dari PLN sehingga membutuhkan Baterai dan Inverter. Biaya baterai biasanya menjadi komponen biaya PLTS yang cukup tinggi.

Perhitungan ini tidak diasumsikan untuk mengcover full 24 jam karena banyak faktor yang mempengaruhi, seperti penggunaan beban yang tidak terkontrol, Sinar matahari yang tidak stabil, dan keterbatasan sistem.

Biaya PLTS 1300 Watt Off grid Rakit Sendiri

*) catatan harga diatas adalah asumsi harga aki bersifat fleksibel kita bisa memilih aki bekas atau baru sesuai kebutuhan begitu juga dengan SCC kita bisa memilih yang lebih berkualitas atau mau trial dengan sistem yang sederhana.

 

PLTS On Grid adalah sistem PLTS yang terkoneksi dengan Grid PLN sehingga hanya efektif menghasilkan listrik pada siang hari. Jika PLN Mati maka listrik ikut mati karena koneksinya menjadi satu. PLTS on Grid ini bisa mengurangi tahgihan listrik dari PLN.

Penjelasan PLTS On Grid dan Off Grid Bisa Lihat Video berikut ini:

 

untuk mencoba PLTS on Grid seharusnya mengajukan KWH exim namun untuk skala utilitas yang kecil dan mau coba-coba bisa tanpa KWH exim. Namun harus dipastikan listrik yang di suplly dari PLTS on Grid tidak lebih besar dari daya yang digunakan karena bisa terjadi eror pada pembacaan KWH Meter PLN.

Bagi sudah pakai meteran token tidak disarankan menggunakan sistem ini jika tidak menggunakan inverter GTIL (grid tie Inverter with Limiter) karena akan muncul tulisan Periksa pada beberapa kasus.

 

Biaya PLTS 1300 Watt On Grid Rakit Sendiri

*) Biaya tersebut menggunakan Grid Tie inverter yang standar tanpa limiter. Jika ingin aman tanpa kwh exim bisa menggunkan grid tie inverter with limiter (GTIL)

harga tersebut dengan sumsi pemasangan sendiri tidak menggunakan jasa kontraktor. Jika menggunakan jasa kontraktor biaya full sistem biasanya dihitung Rp. 15.000 – Rp 20.000/WP tergantung peralatan dan sistem yang digunakan.