Biaya Pondasi Per Meter, Perhitungan Biaya Pondasi Penerus untuk Rumah

Biaya Pondasi Per Meter, Perhitungan Biaya Pondasi Penerus untuk Rumah. Memulai pekerjaan konstruksi rumah ataupun kantor harus cermat dalam berbagai perhitungan biaya. Tentu yang paling awal dihitung adalah biaya pembuatan pondasi sebagai dasar untuk membangun dinding dan konstruksi keseluruhan.

Perhitungan biaya pondasi per meter berikut ini bersifat simulasi, artinya harga tukang dan biaya material tidak bisa dianggap sama dengan seluruh daerah. Silahkan disesuaikan dengan masing-masing wilayah untuk biaya pondasi per meter, termasuk biaya tukang. Pada perhitungan dibawah ini ada istilah OH, OH adalah singakatan dari ongkos Harian.

Perhatikan gambar pondsai penerus dibawah ini, pondasi ini perhitungannya mengacu pada pondasi rumah, ataupun toko, dan tidak untuk struktur bangunan gedung bertingkat.

 

Berikut ini sebuah contoh perhitungan biaya pondasi per meter dalam bentuk RAP (Rencana Anggaran Pelaksana) dari gambar pondasi diatasdapat kita hitung volume pondasi berbentuk trapesium dan persegi empat dari gambar diatas ada tiga item pekerjaan yang harus dilakukan sebelum pemasangan pondasi

 

Jadi Total Upah dan Bahan untuk 1 m Pekerjaan Pondasi Adalah Sebagai Berikut: Upah/Tenaga:

Jumlah Harga Material/Bahan :