Cara Kerja Kompor Induksi, Kompor Listrik yang Unggul dan Aman

Cara Kerja Kompor Induksi, Kompor Listrik yang Unggul dan Aman. kompor induksi memanaskan alat masak yang diletakkan di atasnya secara langsung dengan induksi magnetik. Alat masak tidak jadi panas karena permukaan kompor-nya panas seperti pada kompor gas. Tapi panas langsung dialirkan ke alat masak yang membuat masakan di dalamnya matang. Jadi, permukaan kompor tidak panas, aman jika tersentuh.

 

Prinsip kerja kompor induksi dapat dijelaskan sebagai berikut

Panas yang dibangkitkan oleh kompor tergantung dari energi listrik yang dikonversikan ke bentuk panas. Daya kompor akan ditentukan oleh frekuensi listrik yang dialirkan ke kumparan induksi. Semakin tinggi frekuensi akan semakin tinggi daya kompor dan semakin tinggi suhu (panas) kompor.

Cara Kerja Kompor induksi tidak menghasilkan api, tidak ada resiko meledak jika tabung gas tidak terpasang dengan baik seperti pada kompor gas. Permukaan kompor induksi juga tidak dipanaskan, sehingga aman jika tersentuh.

Kompor induksi Kanahome dilengkapi sensor untuk menghentikan proses pemanasan jika suhu di permukaan kompor sudah terlalu panas atau jika tidak ada alat masak diletakkan di atas kompor, juga ada fitur timer sehingga kompor akan mati sendiri dalam waktu yang sudah di-set.

Panas yang dihasilkan kompor induksi lebih efisien daripada kompor gas. Bentuknya yang pipih membuat panas yang diterima oleh alat masak lebih merata dan diterima 90% oleh alat masak. Sedangkan kompor gas menghasilkan api yang tidak merata, kadang api besar di bagian tertentu sehingga panas hanya di sisi tertentu, panas yang diterima alat masak hanya 65-70%. Karena itu, memasak dengan kompor induksi pun jadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, bagian bawah panci anda tidak akan menjadi hitam karena terkena panas api yang berlebihan.

Selain bentuknya yang modern, kompor induksi pun dilengkapi fitur modern yang dapat memudahkan anda. Beberapa fitur yang dimiliki kompor induksi Kanahome yang dapat anda nikmati, antara lain :

Mengunci tombol pengaturan sehingga anak-anak ( atau orang dewasa yang ceroboh ) tidak dapat mengubah pengaturan selama proses memasak.

Mematikan kompor otomatis apabila ada alat masak yang terlalu kecil (sendok/mangkok stainless yang tidak sengaja diletakkan di atas kompor) sehingga alat tersebut tidak menjadi panas dan melukai orang yang menyentuhnya. Sensor juga mematikan kompor apabila tidak ada alat masak yang diletakkan di atasnya atau apabila suhu di permukaan kompor sudah terlalu panas.

Berfungsi mengatur agar kompor dapat mati otomatis di waktu yang sudah ditentukan. Menghindari memasak hingga gosong atau merebus hingga air habis karena ditinggal.

Memberikan berbagai anjuran panas untuk masakan yang berbeda.