Cara Menyimpan Cat, Vernis, dan Thinner Agar Awet dan Aman

Cara Menyimpan Cat, Vernis, dan Thinner Agar Awet dan Aman. Ada berbagai macam jenis cat yang digunakan dalam dunia konstruksi untuk aplikasi interior, eksterior, dan berbagai substrat lainnya. Diperlukan metode penyimapanan yang tepat agar awet dan aman.

Ada beragam jenis cat yang digunakan dalam dunia konstruksi, berikut ini jenisnya:

Alkyd Syntetic merupakan jenis cat yang memiliki tekstur kilap (gloss) tinggi yang digunakan sebagai cat finishing untuk interior dan eksterior. Memiliki kelebihan yaitu kuat dan tahan terhadap beragam cuaca. Pada umumnya, jenis cat ini gunakan sebagai pelapis permukaan besi dan kayu.

Pada cat ini terdapat campuran akrilik, jenis cat yang memiliki tingkat glossy tinggi ini biasanya masuk dalam kategori cat eksterior dan interior di mana cat ini memiliki daya yang kuat terhadap cuaca dan jamur. Cat styrene acrylic sangat tepat apabila digunakan untuk permukaan plesteran, beton, batako, asbes dan tripleks.

Zinc chrome merupakan jenis cat dasar yang digunakan untuk pelapis logam. Cat ini memiliki fungsi untuk menghindari karat-karat pada bagian logam. Biasanya digunakan sebagai pelapis pada logam, seng , besi dan lain sebagainya.

Cat duco atau yang sering disebut dengan cat dempul. Cat ini digunakan sebagai cat dasar untuk menutup permukaan kayu atau logam sehingga permukaan kayu atau logam menjadi lebih rapat.

Terbuat dari bahan resin amino dan alkyd, biasanya digunakan untuk melapis permukaan kayu sehingga permukaan kayu menjadi lebih rata, dan menghasilkan tingkat glossy yang tinggi. Cat melamic ini cocok digunakan  untuk pengecatan kayu pada interior.

Jenis cat stoving ini biasa diaplikasikan untuk proses  finishing cat pada logam.  Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari cat ini, biasa dilakukan proses tambahan berupa oven. Biasanya dipergunakan untuk pengecatan barang elektronik, logam, dan lain sebagainya.

Thermoplastic adalah cat paling sering digunakan untuk pengecetan jalan.

Jenis cat epoxy ini mempunyai daya lekat yang kuat sehingga sering  digunakan sebagai penutup permukaan sebelum dilakukannya pengecatan. Jenis cat epoxy biasa dipergunakan untuk beton maupun logam.

Cat polyurethane memiliki tingkat glossy yang tinggi dan dapat digunakan sebagai anti gores.

Cat ini memiliki campuran emulsi dari bahan kimia yang dapat mengelupaskan cat lama yang ada pada dinding.

 

cara menyimpan cat harus benar-benar diperhatikan sebab selain berkaitan dengan keawetan bahan juga berkaitan dengan kese;lamatan kerja.