Cara Merakit PLTS On Grid Termurah dengan Fitur Safety Surge Arrester

Cara Merakit PLTS On Grid Termurah dengan Fitur Safety Surge Arrester. PLTS merupakan Singkatan dari Pembangkit listrik tenaga surya. PLTS menggunakan modul panel surya yang digunakan untuk menagkap cahaya matahari dan mengkonversinya menjadi daya listrik. Selama ini ada dua sistem PLTS yang banyak berkembang di masyarakat yaitu:

Penjelasan mekanisme sistem PLTS On Grid  atap adalah sebagai berikut:

Namun, perlu diperhatikan bahwa sumber energi surya bersifat intermiten (atau tidak tersedia secara terus menerus), sehingga mempengaruhi listrik yang dapat dihasilkan. Selain faktor tidak adanya sinar matahari di malam hari, faktor lain yang mempengaruhi intermiten ini diantaranya adalah keberadaan awan (cuaca berawan) yang menghalangi sinar matahari mencapai panel surya fotovoltaik, fenomena bayangan pepohonan, bangunan ataupun pengaruh obyek lainnya di sekitar panel surya fotovoltaik. Hal-hal tersebut menyebabkan listrik tidak dapat diproduksi oleh sel surya selama efek bayangan (shading) itu terjadi.

 

Memasang PLTS atap berarti memiliki sumber energi listrik selain listrik PLN. Karena kebutuhan listrik dipenuhi oleh dua sumber, maka dengan memasang PLTS atap dapat membantu mengurangi tagihan listrik bulanan dari PLN5.

Dengan memasang PLTS atap, kita berkontribusi dalam pemanfaatan dan pengelolaan energi modern, yaitu sumber daya energi terbarukan yang tidak akan pernah habis. Mengingat sumber daya energi fosil (konvensional = minyak bumi) Indonesia diperkirakan akan habis pada 2030 (ESDM, 2018), maka menyegerakan untuk beralih ke energi modern menjadi langkah strategis untuk ketahanan energi kita.

Berbeda dengan energi fosil, pemanfaatan PLTS tidak menyumbang gas rumah kaca yang dapat meningkatkan suhu permukaan bumi. Secara tidak langsung, kita berkontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim, seperti banjir dan tanah longsor akibar curah hujan tinggi yang tidak dapat diprediksi, cuaca panas dan kekeringan ekstrim di beberapa lokasi, yang saat ini telah terjadi di Indonesia.

 

bagi pemula yang ingin merasakan PLTS On Grid dan mencoba merakit dengan modal minim bisa melihat video Cara Merakit PLTS On Grid Termurah dengan Fitur Safety Surge Arrester di bawah ini dan akan kami rincikan biaya pembuatannya pada artikel di bawah.

 

Beberapa peralatan yang kita butuhkan adalah:

Teknis dan perakitan bisa dilihat detai pada video tersebut.