Cara Perawatan Forklift Agar Selalu Top Perform & Bekerja Optimal

Cara Perawatan Forklift Agar Selalu Top Perform & Bekerja Optimal. Tingkat perawatan forklift adalah faktor penting dalam kinerja dan umur panjangnya. Forklift adalah salah satu alat berat yang paling kokoh dan andal, serta dirancang untuk beroperasi dalam kondisi yang sulit.

Namun, forklift perlu diservis secara teratur; tidak ada pengganti untuk perawatan yang baik. Ini memastikan forklift dapat bekerja pada level optimal; itu dapat mendeteksi dan memperbaiki masalah kecil sebelum mempengaruhi produktivitas, dan akan memperpanjang umur forklift.

Jenis Perawatan Forklift

 

Cara perawatan forklift harian bisa dilakukan dengan Memeriksa forklift Anda setiap hari sebelum digunakan bukan hanya cara yang baik untuk mengidentifikasi potensi masalah lebih awal (seperti selang bocor dan rem goyah), tetapi juga merupakan persyaratan. Pemeriksaan ini akan memastikan bahwa forklift aman digunakan sebelum setiap shift dan menghemat waktu dan uang Anda selama menunggu untuk memperbaiki masalah sampai mengganggu pengoperasian mesin.

Cara terbaik untuk menerapkan pemeriksaan ini adalah dengan menggunakan daftar periksa standar untuk memastikan bahwa semua area yang menjadi perhatian ditangani sebelum forklift digunakan. Beberapa elemen yang direkomendasikan dari daftar periksa ini adalah sebagai berikut:

Operator forklift harus melakukan perawatan harian di awal setiap shift. Mereka harus memeriksa secara visual kebocoran, kerusakan yang nampak, dan kondisi ban, pengoperasian lampu keselamatan, servis, rem parkir, klakson, dan kemudi. Mereka kemudian harus memeriksa operasi tiang dengan menaikkan dan menurunkan garpu baik dengan atau tanpa beban, dan terakhir memeriksa tingkat oli mesin, bahan bakar, air radiator, dan cairan hidrolik.

 

Dilakukan setelah setiap 200 jam operasi oleh mekanik terlatih dan dapat meliputi:

 

Setiap 600 jam dan dapat mencakup:

 

Setiap 1.200 jam dan bisa meliputi:

 

Ban bisa cepat aus pada forklift, terutama jika sering melintasi jalur yang sama di sekitar gudang. Gerakan berulang tersebut dapat menyebabkan ban cepat aus di satu sisi daripada di sisi lain. Ban juga bisa mengempis, pegas bocor, atau kehilangan tapaknya. Karena ban sangat penting untuk pengoperasian forklift yang benar, perawatan forklift harus mencakup pemeriksaan dan servis ban secara teratur.

Anda harus memeriksanya sebagai bagian dari pemeriksaan harian Anda. Pemeriksaan ini harus mencakup pemeriksaan tekanan (untuk ban pneumatik) dan pemeriksaan visual untuk memastikan bahwa ban dalam kondisi baik dan memiliki tapak yang memadai.