Cara Tes Kapasitas Baterai Lithium 18650 dengan Akurat

Cara Tes Kapasitas Baterai Lithium 18650 dengan Akurat. Banyak sekali baterai lithium ion yang beredar dipasaran dengan spesifikasi yang fantastis. bahkan ada yang mengklaim sampai 10.000 mah. Bisa dipastikan klaim tersebut sangat jauh dari kenyataan. Sebagai contoh berbagai merek berkualitas seperti LG (yang menyupply baterai untuk mobil tesla) maupun Panasonic rata-rata memproduksi dengan kapasitas 2200-3000 mah.

Cara Tes Kapasitas Baterai memang bukan hal yang mudah karena harus ada proses Charge (pengisian daya) lalu di Discharge (Pengurasan Daya) sehingga diketahui kapasitas riil baterai yang diuji.

Banyak peralatan yang beredar dipasaran baik berupa modul maupun yang berbentuk Charger. Biasanya kita mengetest baterai hanya dengan melihat voltasenya melalui multimeter, namun ini tidak menjamin kapasitas baterai sebab multimeter hanya mengukur tegangan saja. Bisa saja ketika di uji voltase diatas 3,7 volt namun kapastas baterai sudah sangat drop dibawah 500 mah.

 

Salah satu alat ukur yang cukup terkenal dan banyak digunakan untuk uji kapasitas baterai adalah Charger Liitokala Lii 500. Liitokala sudah mempunyai reputasi tinggi sebagai alat charger dan discharger. Ada berbagai varian dan jenis, namun yang bisa digunakan untuk menguji baterai adalah seri Liitokala Lii-500 atau engiiner series.

 

Liitokala Li-500 mempunyai 4 slot baterai namun tiap slot bekerja secara independen dan simultan. Setiap slot bisa di cek meskipun dalam posisi sedang charge maupun pada posisi tes baterai. Ini adalah fitur yang sangat menarik.

Cara tes kapasitas baterai bisa dilakukan dengan dua metode jika kita menggunakan Liitokala.

Metode ini menampilkan pengujian cepat kapasitas baterai. Yaitu:

 

Metode pengujian kapasitas baterai ini dianggap paling akurat namun membutuhkan waktu paling lama. Sebab baterai akan di cas dulu sampai full, Kemudian Dikuras samapai habis, lalu di cas lagi sampai penuh, baru kemudian ditampilkan kapasitas baterai. Berikut ini langkahnya:

Dengan sistem seperti itu akan diketahui dengan pasti kapasitas baterai. Biasanya tiap pengujian memakan waktu hingga 8 Jam. Tergantung Current Ampere yang dipilih. Nah…jangan mudah tergiur dengan baterai murah tapi berkapasitas besar, jangan sampai membeli baterai abal-abal Guys!.