Daftar Harga Kalkulator Ilmiah Canggih Berbagai Merk dan Tipe

Kalkulator ilmiah atau kalkulator scientific banyak diperlukan dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk keperluan belajar, penelitian, perancangan proyek, maupun perkantoran. Kalkulator ilmiah memiliki kemampuan menghitung untuk persoalan matematika dasar, penyebut umum, grafik, bahkan masalah akuntansi. Alat penghitung ini dapat dengan mudah dijumpai di pasaran dengan berbagai merk dan tipe. Salah satu merk yang populer digunakan adalah Casio. Selain itu masih banyak merk lain yang bisa dijadikan pilihan. Nah, agar tak bingung dalam memilih kalkulator ilmiah yang cocok untuk keperluan Anda, simak tips-tips di bawah ini:

Jika Anda adalah seorang pelajar, berarti kalkulator yang dibutuhkan adalah kalkulator dengan fungsi geometrik. Kalkulator tersebut sudah cukup membantu untuk dipakai mengerjakan tugas matematika dasar termasuk trigonometri dan aljabar. Nah, apabila Anda adalah seorang insinyur profesional maka Anda harus menggunakan kalkulator scientific yang lebih canggih lagi. Kalkulator canggih dapat membantu menyelesaikan perhitungan proyek yang sudah dirancang.

Tiap kalkulator ilmiah memiliki fungsi yang berbeda-beda. Kalkulator ilmiah sederhana misalnya, mampu menyelesaikan fungsi matematika dasar berupa persamaan sederhana dan aljabar. Model ini cocok dipakai untuk menunjang kegiatan belajar siswa sekolah menengah.

Kalkulator yang lebih canggih memiliki fungsi yang lebih kompleks pula. Fungsi tersebut berupa fungsi grafik, fungsi fraksi, fungsi accounting, dan statistik. Kalkulator ini mampu menyelesaikan persoalan matematika lanjutan dengan penyebut umum. Mahasiswa dan pegawai kantor biasanya membutuhkan kalkulator ini. Kemudian untuk para profesional juga ada kalkulator ilmiah yang menyediakan hingga 130 fungsi untuk berbagai pekerjaan.

Kalkulator scientific yang bagus harusnya sudah dilengkapi dengan layar LED agar hasil penghitungannya mudah dibaca mata. Namun biasanya ada perbedaan jumlah baris pada display layar. Untuk kalkulator sederhana mempunyai satu baris yang sudah cukup untuk menampilkan matematika dasar. Kemudian kalkulator yang lebih canggih ditunjang dengan display hingga 16 baris agar bisa menampilkan grafik dan fraksi. Lebih disarankan untuk memilih kalkulator dengan tampilan full color agar mudah membedakan penghitungan.

Kalkulator ilmiah kebanyakan bekerja dengan dukungan dari daya baterai, sehingga jika baterainya habis maka kalkulator tak akan berfungsi. Meskipun harga baterai penggantinya murah, lebih baik jika Anda sedari awal memilih kalkulator yang didesain untuk baterai berkapasitas besar dan kuat. Beberapa model tercanggih biasanya ditenagai tenaga surya. Bahkan varian terbaru kalkulator ilmiah menggabungkan dua opsi pengisian daya paduan antara tenaga surya dan baterai. Tentu harganya lebih mahal, sesuaikan saja dengan kantong Anda.