Daftar Harga Lampu Aquarium – LED, Neon, Metal Halide

Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan ketika memiliki aquarium adalah pencahayaan. Pencahayaan diperlukan untuk memberikan efek natural dan indah pada biota hidup yang ada di dalamnya. Pencahayaan aquarium bisa diperoleh dengan memasang lampu aquarium sesuai jenis dan ukuran aquarium Anda. Lampu lebih disarankan daripada sinar matahari karena sinar matahari justru akan membuat aquarium berlumut.

Selain untuk keperluan dekorasi aquarium, lampu juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan biota di dalamnya. Apalagi jika terdapat tanaman  aquarium hias dalam aquarium, lampu multak harus dipasang agar pertumbuhannya optimal. Aquarium sebaiknya diberi pencahayaan dari lampu setidaknya 5 hingga 8 jam per hari agar tanaman  aquarium tidak tumbuh kerdil. Namun juga jangan sampai lebih dari 8 jam, karena akan berpotensi menimbulkan lumut dan rusak pada daun-daunnya.

Sekarang ini terdapat tiga jenis lampu aquarium yang banyak digunakan, yaitu lampu LED, neon, dan metal halide. Anda harus memilih lampu yang tepat sesuai kondisi aquarium Anda. Pertimbangkan bentuk dan ukuran aquarium, jumlah biota hidup, dan lokasi peletakannya agar lampunya tepat. Berikut ini karakteristik serta penjelasan dari ketiga jenis lampu aquarium tersebut:

LED merupakan teknologi terbaru dalam pencahayaan yang juga diaplikasikan dalam lampu aquarium. Lampu aquarium tipe LED sudah diatur sedemikian rupa agar membantu pertumbuhan tanaman di dalam aquarium. Tipe ini dinilai sebagai lam[u aquarium terbaik karena tahan lama dan efisien.

Nyala lampu LED sangat terang dan bisa dipadukan dengan lensa tangki dalam. Namun untuk biaya pemasangan awal tergolong mahal, senilai dengan efisiensinya dalam jangka panjang. Daya listrik yang dibutuhkan lampu LED sangat sedikit sehingga lebih hemat energi. Ketahanan lampunya diklaim hingga 50.000 jam penggunaan.

Lampu aquarium tipe neon memiliki karakteristik pencahayaan yang tipis dan terang untuk aquarium rumahan. Cahaya terangnya bisa tersebar merata ke seluruh sudut aquarium sehingga asupan cahaya untuk biota hidup tercukupi. Lampu neon tidak memberi efek riak atau ombak pada aquarium. Lampu ini banyak diminati karena harganya yang terjangkau.

Lampu aquarium jenis metal halide merupakan jenis yang paling terang sehingga konsumsi dayanya tinggi. Metal halide merupakan satu-satunya tipe lampu aquarium yang bisa memberikan efek riak berkilauan pada aquarium. Sayangnya, lampu ini mudah panas pada bagian bawahnya sehingga pemasangannya harus digantung di atas aquarium dan tidak bisa dicelupkan.