Daftar Harga Mesin Laser Cutting Berbagai Tipe dan Merk

Teknologi laser cutting telah mengalami perkembangan yang pesat dalam satu dekade ini. Pemanfaatannya juga semakin meluas, mulai dari industri kerajinan hingga konstrusi dan manufaktur, karena mesin ini sudah terbukti memberi keuntungan lebih banyak dibanding mesin konvensional. Para pelaku bisnis pun tak sedikit yang mulai berinvestasi dalam laser cutting. Beberapa penyebab yang mendasari fenomena tersebut yakni,

Pada awalnya memang teknologi laser cutting ini hanya menyasar industri besar. Maka mesin yang dijual adalah yang berentri tinggi saja sehingga harganya juga melambung dan tidak terjangkau oleh semua kalangan. Namun, belakangan ini, produsen mesin laser sudah banyak mengeluarkan mesin laser versi mini dengan entri lebih rendah untk bisnis rumahan maupun perorangan. Dengan begini, setiap jenis bisnis sekarang sudah bisa menganggarkan mesin laser cutting sebagai peralatan produksi mereka.

Selama ini, penggunaan mesin pemotong atau pengukir tradisional memiliki beberapa kekurangan yang menyebabkan penurunan kualitas produk. Misalnya hasil ukiran semakin buruk seiring waktu karena terpapar panas, asam, dsb. Kehadiran mesin laser cutting ini menjadi jawaban atas problem tersebut karena hasil potongan dan ukiran laser selalui awet dan tahan dengan berbagai kondisi. Resiko kerusakan pada material juga minim sekali, sehingga bisa dibilang mesin ini jauh lebih efektif dibanding mesin lain.

Salah satu hal yang menjadikan permintaan akan mesin laser cutting meningkat yaitu karena mesin ini mudah dioperasikan. Mesin ini sudah dirancang sebagai perangkat siap pakai sehingga Anda hanya perlu melakukan sedikit pelatihan agar bisa menggunakannya. Orang awam dapat dengan gampang mempelajari mesin ini karena tidak perlu sertifikasi khusus untuk mengoperasikan laser cutting.

Alasan terbesar mengapa mesin laser cutting dipilih banyak industri adalah karena mereka mempertimbangkan efek lingkungan. Mesin ini dinilai ramah lingkungan karena beberapa hal. Pertama, konsumsi daya mesin laser jauh lebih rendah dibanding mesin lain sehingga bisa dibilang mesin ini hemat energi. Kedua, mesin laser tidak memiliki ketergantungan dengan bahan kimia beracun sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan pekerja serta tidak mencemari lingkungan. Ketiga, mesin ini menghasilkan produk yang presisi setiap kali pengerjaan sehingga meminimalisir limbah industri akibat pembuangan material yang tak terpakai.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, jangan ragu untuk memulai bisnis Anda memakai laser cutting. Memang nampaknya butuh modal besar di awal, namun anggap saja biaya tersebut sebagai investasi jangka panjang karena keuntungan yang diperoleh akan jauh lebih besar. Mulai dari kualitas produk yang bagus, biaya produksi yang terpangkas, tenaga kerja sedikit, hemat waktu, dan hemat energi.

Nah, kali ini simak beberapa harga mesin laser cutting dari berbagai entri berikut ini. Rata-rata adalah mesin laser cutting berkapasitas besar, namun ada pula yang berkapasitas kecil untuk bisnis baru. Mohon diingat bahwa harga ini bukan acuan yang mutlak karena bisa berubah sewaktu-waktu.