Gergaji Jigsaw, Kegunaanya dan Panduan Membeli Jigsaw

Gergaji Jigsaw, Kegunaanya, dan Panduan Membeli Jigsaw. Jigsaw atau biasa disebut gergaji bengkok tangan merupakan salah satu alat pertukangan yang cukup penting. Jigsaw bisa digunakan untuk memotong beragam pola yang rumit dan memerlukan ketelitian tinggi. Selain untuk membuat pola pada bidang kerja, jigsaw juga bisa digunakan untuk memotong, membuat bevel, dan membuat lubang pada kayu.

Jigsaw penggunaannya sangat luas meliputi beragam material, selain kayu jigsaw bisa digunakan untuk memotong besi, keramik, aluminium, mika, plastik, partikel, dan drywall.

Jigsaw sangatefektif untuk area kerja yang kecil, bentuknya yang ringkas sangat mudah dibawa kemanapun. Jigsaw bisa menggantikan fungsi bandsaw untuk bekerja pada lokasi yang tidak memungkinkan membawa peralatan yang besar.

Jigsaw bekerja dengan sistem menggerakkan pisau yang kecil secara vertikal naik-turun dengan gerakan 3000 stroke per menit (SPM). Gerakannya seperti pendulum yang akan efektif memotong beragam material.

 

Jigsaw terdapat beragam jenis dan harga, namun jika dipilah dari sumber dayanya, Jigsaw di bagi menjadi 2 jenis, yaitu:

Jenis jigsaw corded merupakan yang paling banyak beredar dipasar karena harganya relatif terjangkau dan menggunkan kabel sebagai penghubung listriknya. Jigsaw tenaga listrik mampu bekerja lebih keras dan lebih lama sehingga cocok untuk pekerjaan berat dan berkelanjutan. ragam merek yang beredar adalah Bosch, maktek, makita, Dewalt, Hitachi, Modern dll.

Cordless Jigsaw digerakkan oleh tenaga baterai sehingga memberikan kebebasan lebih kepada penggunanya. Pengguna Jigsaw Cordless tidak perlu bingung soal sumber listrik dan kabel yang panjang menjuntai. kelemahan dari jigsaw cordless adalah daya tahan baterai yang terbatas namun biasanya bisa disiasati dengan membawa baterai cadangan. Merek yang beredar dari jigsaw cordless biasanya didominasi merek terkenal seperti dewalt, bosch, makita, aeg, black and decker.

 

 

Membeli Mesin Gergaji jigsaw seperti membeli mesin powertools yang lain, banyak aspek yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah kenyamanan ketika digunakan, Namun secara umum ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya: