Harga Bottle Sterilizer Berbagai Merk Terekomendasi 2021

Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih rapuh karena sedang masa perkembangan. Infeksi virus maupun bakteri akan mudah membuat bayi rentan sakit dibanding orang dewasa. Oleh karena itu, setiap orang tua atau pengasuh harus mensterilkan setiap peralatan bayinya, khususnya bayi yang belum berumur 1 tahun.

Botol minum bayi atau dot merupakan salah satu benda yang setiap hari bersentuhan dengan bayi. Tak heran jika banyak orang tua dulu sering mensterilkan botol bayi dengan merebusnya di air panas. Namun ternyata metode konvensional tersebut sangat beresiko untuk kesehatan bayi. Hal tersebut dikarenakan botol plastik bayi yang terpapar suhu yang terlalu tinggi akan mengeluarkan zat kimia berbahaya seperti BPA atau Bisphenol-A.

Untung saja sekarang sudah ada alat sterilisasi yang memudahkan para orang tua bayi, yaitu bottle sterilizer. Bottle sterilizer terbukti efektif untuk membuat peralatan bayi lebih steril dari kontaminasi bakteri dan kuman. Sang bayi pun akan terlindung dari berbagai infeksi bakteri yang menimbulkan penyakit seperti diare.

Tersedia banyak sekali pilihan saat hendak memilih produk bottle sterilizer sehingga akan membuat Anda bingung mana yang terbaik. Berikut ini kami berikan tips membeli bottle sterilizer agar tak salah pilih:

Di pasaran terdapat setidaknya dua jenis bottle sterilizer, yaitu steam sterilizer dan UV sterilizer. Alat sterilisasi dengan metode steam menggunakan penguapan suhu tinggi untuk sterilisasinya dan prosesnya memakan waktu sekitar 15 menit. Hasil sterilnya masih basah sehingga peralatan bayi perlu dikeringkan atau diangin-anginkan setelah proses steam.

Sedangkan alat sterilisasi dengan metode sinar UV mengandalkan sinar ultraviolet bersuhu rendah dan prosesnya lebih cepat. Alat ini sudah dilengkapi dengan pengering sehingga Anda tak perlu lagi mengeringkan peralatan bayi pasca disteril. Namun karena keunggulannya tersebut, tipe ini biasanya berharga lebih mahal dibanding steam.

Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan penggunaan alat sterilisasi ini. Apakah hanya untuk mensterilkan botol bayi atau dipakai untuk benda lain juga? Jika Anda hanya ingin mensterilkan satu atau dua botol sebaiknya pilih produk yang berkapasitas dua botol. Namun jika Anda ingin menggunakan alat steril untuk benda lain semisal mainan, pakaian, atau alat makan anak, pilihlah produk yang berkapasitas besar muat enam hingga belasan botol. Semakin besar kapasitasnya tentu harganya akan semakin mahal.