Harga Dinamo Sepeda Listrik Lengkap Berbagai Jenis dan Tipe

Harga Dinamo Sepeda Listrik, Dinamo atau motor merupakan mesin penggerak utama bagi sepeda listrik. Motor listrik ini tergolong simple karena terdiri dari lilitan kawat dan magnet rotor. Berbeda dengan mesin sepeda motor bensin yang komponennya rumit.

Kemudahan instalasi dinamo sepeda listrik membuat banyak sekali DIY dan kalangan hobi mudah menerapkan dan mengadopsinya. Dengan biaya yang cukup ramah dikantong kita sudah bisa membuat sepeda listrik berkualitas dengan berbagai macam desain yang bisa kita custom.

Dinamo adalah komponen yang memiliki fungsi menghasilkan gerakan putaran tenaga untuk mendorong sepeda. Berdasarkan letaknya, ada 3 jenis yaitu;

Untuk pemasangan dinamo umumnya orang pilih di salah satu roda agar anggaran bisa lebih murah. Untuk pemasangan dinamo lebih baik dipasang di belakang tujuannya agar memperoleh daya dorong lebih optimal.

Berdasarkan cara kerja motor penggerak, ada 2 jenis:

Motor brushless atau gearless motor, terdiri dari kumparan tembaga dan magnet, listrik akan menghasilkan induksi magnet yang membuat motor berputar dan menggerakkan roda sepeda listrik.

Sedangkan brushed atau planetary motor, mempunyai sistem mekanika gerigi di dalamnya untuk memutar roda, dan berfungsi juga sebagai gear untuk merubah kekuatan dan kecepatan putaran roda sepeda listrik.

Jenis penggerak motor yang populer adalah center drive motor atau mid drive motor, motor listrik berada di tengah rangka sepeda. Motor terhubung dengan pedal dan rantai, menginisiasi atau menguatkan kayuhan pedal ke rantai sepeda, sehingga roda belakang akan berputar dan mendorong sepeda.

Berikut ini kami lampirkan beberapa harga dinamo sepeda listrik sebagai gambaran awal jika ingin membuat atau merakit sepeda listrik. Harga bisa sangat bervariasi antara satu penjual dengan yang lain. Pada umumnya yang ada dipasaran tidak mempunyai merek yang pasti. Hanya spesifikasinya yang diberikan sebab sebagain besar dinamo sepeda listrik buatan China.