Harga Kusen Jati Kualitas Perhutani dan Jati Kampung

Harga Kusen Jati 2021 untuk Pintu dan Jendela Berbagai Tipe. Kayu jati yang dikenal sebagai kayu kelas kuat I dan kelas awet II memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Kayu jati termasuk golongan kayu ideal karena kekuatan, keawetan, dan keindahan serat yang dimilikinya.

Kayu ini sangat tahan terhadap serangan rayap dan jamur. Selain itu, kayu jati memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca dan perubahan suhu. Segala kelebihan inilah yang membuat kayu yang bernama latin tectona grandis ini berharga mahal.

Namun, harus dipahami bahwa segala sifat kayu jati yang sempurna tersebut hanya dimiliki oleh kayu jati tua. Kayu jati tua adalah kayu jati yang berasal dari pohon jati yang sudah berumur lebih dari 30 tahun. Kayu jati dengan mutu tinggi ini diperoleh dari pohon yang pertumbuhannya alami yang dikembangkan melalui perkecambahan biji. Kayu jati jenis ini memiliki tekstur dan serat yang halus dan padat, serta pori-pori yang kecil.

Batangnya yang besar juga membuat kayu jati tua minim sambungan. Selain Itu, warna coklat tua yang dimiliki kayu jati tua juga dapat menampilkan kesan elegan dan kokoh sehingga menambah kelebihan dari kayu kelas I ini. Kayu jati tua memiliki tingkat keawetan yang tinggi.

Hal ini didasari sifat dari pohon jati yang semakin tua umur pohonnya, semakin kecil kadar airnya, maka semakin besar berat jenisnya dan keawetannya. Tak heran, jika kayu jati tua juga sangat bagus dipakai untuk pembuatan furnitur atau kontruksi bangunan.

Di dalam kayu jati juga terdapat zat ekstraktif yang disebut tectoquinon, zat penghasil minyak. Zat ini terletak di kayu teras yang terdapat dalam batang pohon jati. Semakin tua umur pohon maka persentase kayu teras makin besar sehingga minyak yang dihasilkan juga semakin banyak. Minyak inilah yang membuat kayu jati menjadi tahan rayap dan jamur. Selain itu, minyak juga dapat membuat tampilan kayu jati menjadi mewah.

Sayangnya, segala kelebihan jati tua sudah mulai sulit untuk ditemui. Kayu jati yang kini banyak beredar di pasaran adalah kayu jati muda hasil pembudidayaan yang berumur di kisaran 5—7 tahun. Kayu jati jenis ini digolongkan dalam kayu kelas V. Ciri dari kayu jati muda adalah mempunyai serat besar dan memiliki tekstur permukaan yang bergelombang. Selain itu warnanya cenderung putih. Karena umurnya yang masih muda, kandungan minyak dalam kayu jati muda masih sangat sedikit sehingga tidak tahan terhadap serangan rayap

Meskipun saat ini sulit diperoleh kayu jati dengan mutu kualitas bagus namun kita masih bisa menggunakannya untuk bergam kebutuhan termasuk kusen pintu. Jika Anda ongin membeli Kusen Pintu Jati Berikut ini panduannya:

jati kampung adalah kualitas jati yang berada dibawah kualitas jati perhutani. biasanya terdapat beberapa cacat kayu seperti gubal (putih), Mata kayu, Serta Serat Doreng.

 

 

 

Kusen Kayu jati mempunyai keindahan alami