Harga Lampu UV Aquarium Berbagai Merek 2021

Harga Lampu UV Aquarium Berbagai Merek 2021. Kemampuan sinar UV dalam membunuh bakteri dan virusbanyak dimanfaatkan untuk dunia aquarist.

Dalam industri air minum lampu UV sudah jamak digunakan untuk metode sterilisasi. Namun seiring perkembangan zaman, teknologi ini diadopsi juga di dunia aquakultur termasuk untuk aquarium.

Cara kerja UV sterilisasi adalah menggunakan lampu germicidal fluorescent yang menghasilkan cahaya pada panjang gelombang 254 nanometer. Air dengan kandungan mikroorganisme, bakteri, ganggang yang melewati UV neon (atau sekitar bola jika lengan kuarsa digunakan) akan disinari dengan panjang gelombang ini. Cahaya tersebut bekerja dengan menembus bakteri, mikroorganisme, dan gangga penyebab air hijau.

Beberapa pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan filter UV adalah:

Watt yang disarankan adalah 4-8 watt untuk akuarium 80-160 liter, 20-25 watt untuk akuarium 200 – 400 liter, dan 40 watt untuk akuarium lebih besar dari itu. Penggunaan Filter UV sampai saat ini masih kontroverial, sebagian akuaris mengganggap bahwa penggunaan filter UV hanyalah merupakan tindakan pemborosan, sedangkan sebagian yang lain merasakan keuntungan yang didapatkan dari penggunaan filter ini.

Meskipun demikian, para akuaris sepakat bahwa apabila akuarium dijaga keseimbangannya dan terawat dengan baik, termasuk melaksanakan prosedur karantina bagi penghuni baru, maka filter UV tidak akan diperlukan.