Bagi saya sendiri yang telah bekerja di proyek konstruksi selama 5 tahun, ada beberapa topik yang didapat yang mungkin tidak bisa didapat di perkuliahan

 

Engineering Sense

  • Pada pelaksanaan konstruksi di lapangan, tidak semuanya sesuai seperti gambaran, kita diajarkan banyak ide dan metode yang dibutuhkan sehingga dapat diaplikasikan di lapangan, dan kondisi lapangan tiap proyek akan berbeda-beda. Dari konstruksi saya belajar Metode pekerjaan yang dibuat oleh engineer (umumnya entry level dari fresh graduate ketika masuk dunia konstruksi) harus menyesuaikan kebutuhan lapangan
  • Membaca gambar kerja kompleks, gambar kerja di lapangan tidak akan segampang bangku perkuliahan, gambar-gambar ini juga akan mencantumkan metode kerja yang dibutuhkan
  • Pengambilan keputusan, pada pelaksanaan konstruksi akan ada masalah dan dibutuhkan keputusan/penyelesaian masalah setiap hari, bagi orang baru di konstruksi hal ini akan terasa sangat berat. Di konstruksi, "Ilmu" bisa menghitung, namun "Pengalaman"mengambil keputusan
  • Safety factor, dari proyek konstruksi kita akan belajar banyak untuk menciptakan metode yang safety
  • Schedulling, dalam perencanaan schedule proyek konstruksi kita diajarkan untukmemperhatikan ketersediaan material, alat dan biaya yang dibutuhkan.

 

Pelaksanaan Lapangan

  • Berhubungan langsung dengan tenaga kerja dari latar belakang yang berbeda, di satu sisi kita punya target dengan memanajemen tenaga kerja.Di proyek konstruksi kita akan diajarkan cara memanajemen tenaga kerja agar tetap efisien dalam mencapai target. Bagaimana shift pekerjaan nya, tidak sedikit proyek yang mengalami kecelakaan karena kelelahan pekerja.
  • Manajemen Sumber Daya Material dan Alat berat,selain memanajemen tenaga kerja, kita juga harus mampu memamanajemen kebutuhan material dan alat berat, penggunaan alat berat dan material yang berlebihan dapat mengakibatkan pembengkakan biaya proyek.
  • Kemampuan Public Speaking, Setiap proyek akan berhubungan langsung dengan orang banyak, baikmemipin rapat mingguan, toolbox meeting, safety meeting dan banyak lagi. Setiap orang di proyek konstruksi dibutuhkan kemampuan untuk berbicara di depan orang banyak.
  • Site Planning, Agar proyek tidak menggangu lalu lintas kendaraan,atau waga sekitar, kita diajarkan memanajemen lokasi proyek untuk menjadi se aman mungkin, tinggal ketikkan saja di google kecelakaan proyek,kebanyakan juga akibat dari kurangnya proteksi terhadap pekerjaan. Contoh nya: Safety net pada proyek gedung, ini adalah salah satu contoh site planning untuk mencegah material jatuh dari ketinggian.

 

Manajemen Biaya

Hal yang tidak kalah penting di proyek adalah manajemen biaya, hal ini sangat dibutuhan untuk menjaga proyek dalam kondisi untung, kondisi proyek yang merugi akan merambat ke permasalahan lain yang lebih kompleks.

Negosiasi, Untuk mendapatkan harga material yang baik, metode negosiasi yang tepat juga diajarkan di proyek konstruksi.

 

Integritas

Yang tidak kalah penting dalam proyek konstruksi adalah integritas baik itu engineering, biaya, atau pelaksanaan lapangan, setiap proyek kamu akan diberikan kesempatan untuk belajar Integritas, terserah kepada personal masing-masing.