Jenis Sekering dan Fungsinya Pada Intalasi Listrik dan Elektronika

Jenis Sekering dan Fungsinya Pada Intalasi Listrik dan Elektronika. Sekering (dari bahasa Belanda zekering) atau fuse adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengaman dalam suatu rangkaian listrik apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau suatu hubungan arus pendek.

Cara kerja fuse, jika dalam sebuah sistem rangkaian elektonik atau rangkaian listrik terjadi arus lebih maka sekering (fuse) akan putus sehingga arus listrik tidak lagi mengalir dalam sistem tersebut untuk mengamankan komponen elektronika lain.

Kelebihan arus tersebut dapat disebabkan karena adanya hubung singkat atau karena kelebihan beban output. Banyak terjadi kebakaran karena hubung singkat akibat sekering tidak berfungsi, rusak, atau bahkan karena tidak dipasang sama sekali.

Alat pengaman listrik (sekering) ini adalah suatu peralatan proteksi kerusakan yang disebabkan oleh hubungan singkat (shortcircuit), beban berlebih (overload) dan tegangan lebih dimana penyebab tersebut mengakibatkan arus berlebih yang mengalir pada suatu rangkaian tertutup dan memutuskannya menjadi rangkaian terbuka dengan meleburkan elemen didalamnya.

 

Berdasarkan bentuknya dan fungsinya, sekering terdiri dari dua jenis, yaitu fuse cartridge type (glass) dan fuse blade type (wedge). Dan untuk penjelasaanya adalah sebagai berikut.

Sekering cartridge type (glass) ini memiliki bentuk seperti tabung yang memiliki lapisan kaca pelindung di bagian luarnya. Jenis sekering ini banyak dipakai pada alat elektronik rumah tangga.

Sekering blade tipe (pisau) memiliki kontruksi yang lebih ramping dan kuat dibanding tipe tabung. Jenis sekering ini banya digunakan pada rangkaian listrik kendaraan, seperti pada relay lampu motor dan mobil.

Jenis sekering tipe blade memiliki warna-warna yang dapat dijadikan simbol nilai kapasitas besarnya sekeringnya. Dan warna-warna pada sekering blade yaitu :

Pada dasarnya fuse dan fusible link memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai pengaman rangkaian listrik. Tetapi, fusible link ini memiliki rangka yang lebih besar dari sekering.

pada fusible link yang juga dapat dijadikan ukuran untuk melihat nilai kapasitas besarnya arus. Dan warna-warna fusible link antara lain :