Sertifikat ISO merupakan salah satu kebutuhan penting bagi perusahaan. ISO atau International Standards Organization adalah organisasi penjaminan mutu bisnis yang memproduksi barang atau jasa yang digunakan oleh khalayak luas. Lembaga tersebut memberikan sertifikat sebagai bukti kecocokan antara tujuan usaha dengan proses usaha yang telah dilakukan.

Sertifikat yang dimiliki oleh suatu perusahaan dapat membantu meningkatkan brand atau image suatu perusahaan menjadi lebih baik dan terpercaya di hadapan publik. Pemberian sertifikasi ISO sendiri dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis menurut kegunaannya. Berikut ini adalah beberapa jenis sertifikat atau sertifikasi ISO dan fungsinya untuk perusahaan.


ISO 9000

Sertifikasi ISO yang satu ini berguna untuk menjamin mutu suatu perusahaan. Perusahaan yang memiliki sertifikat ini harus dapat menjamin kualitas jasa atau produk yang mereka tawarkan. Sertifikat ini tidak hanya terpaku pada bidang tertentu saja. Selain itu, sertifikat ini juga akan membantu perusahaan untuk menjamin kepuasan konsumen dan membantu mengembangkan hal-hal baru sehingga tetap sesuai dengan tujuan perusahaan.


ISO 9001

Ini adalah sistem manajemen mutu yang paling umum dimiliki oleh perusahaan. Pada dasarnya sertifikasi ISO 9001 adalah pendekatan proses yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas manajemen mutu suatu perusahaan. Pendekatan proses lebih fokus pada aktivitas identifikasi, pengelolaan, penerapan, dan peningkatan yang berkesinambungan.


ISO 14001

Jenis sertifikat yang satu ini berguna untuk memastikan bahwa perusahaan yang mendapatkan sertifikasi ISO 14001 juga memperhatikan keseimbangan dan kelestarian lingkungan di sekitarnya. Jadi ISO 14001 lebih fokus pada manajemen lingkungan dan berbagai dampak yang muncul dari kegiatan perusahaan tersebut. 

Beberapa aspek yang wajib dipenuhi dari standar ISO14001 di antaranya adalah penghematan energi, pengelolaan limbah, penghematan bahan bakar, dan penghematan air. Perusahaan yang memiliki ISO 14001 menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut turut ambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan.


ISO 28000

Sertifikasi ISO 28000 merupakan standar yang membuktikan keamanan rantai pasokan dan keamanan berbagai aktivitas maupun orang – orang yang ikut serta dalam proses usaha tersebut. Sertifikat ini merupakan hal yang penting dan wajib untuk perusahaan yang proses kerja karyawannya memiliki risiko tinggi. Beberapa bidang usaha yang membutuhkan sertifikasi ISO 28000 antara lain adalah bisnis tambang, perhotelan, perbankan, dan masih banyak lagi.


ISO 22000

Perusahaan yang memerlukan sertifikasi ISO adalah perusahaan yang beroperasi di bidang pangan mencakup segala jenis produksi makanan maupun minuman. Perusahaan dengan sertifikat ISO 22000 menjamin bahwa perusahaan tersebut membuat produk yang teruji keamanannya sebelum dikonsumsi oleh masyarakat secara luas. Selain itu, perusahaan juga harus selalu berupaya meningkatkan quality control dan memiliki rencana pengendalian produk. 


ISP/IEC 27001

Ini adalah standar sistem manajemen keamanan informasi atau juga sering dikenal dengan ISMS (Information Security Management System). Standar ini dibutuhkan untuk perusahaan yang bergerak di bidang IT atau sejenisnya. 


ISO TS 16949

Ini adalah spesifikasi teknis untuk sistem manajemen pengendali mutu di bidang industri otototif. Sebenarnya konsep dari standar ini adalah perbaikan yang bersifat kontinu atau berkelanjutan, tindakan pencegahan, pengendalian rantai pemasok, dan tindakan perbaikan.


ISO/IEC 17025 

Standar ini berkaitan dengan suatu lembaga pengujian seperti laboratorium. Standar ISO/IEC 17025 bertujuan untuk memastikan keakuratan dari hasil pengujian di bidang kesehatan, perdagangan, produksi, dan perlindungan konsumen.

ISO 5001 

Ini adalah standar yang diterapkan untuk sistem manajemen energi. Tujuan dari ISO 5001 adalah membantu lembaga atau perusahaan agar membangun sistem dan proses pemanfaatan energi yang lebih efisien misalnya dari aspek efisiensi, kinerja, dan konsumsi energi. ISO 5001 dibuat sebagai standar yang dapat diterapkan dengan standar lainnya sehingga penerapannya bisa diaplikasikan untuk berbagai perusahaan.

Demikian beberapa jenis sertifikasi ISO yang perlu dimiliki oleh perusahaan. Setiap sertifikat tersebut memang memiliki peran dan fungsi masing – masing. Semakin banyak sertifikat yang dimiliki oleh perusahaan, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut semakin terpercaya kinerja dan pelayanannya untuk masyarakat luas. Dengan pentingnya sertifikat ISO, setiap perusahaan saat ini berusaha untuk mendapatkan sertifikasi ISO yang mereka butuhkan agar citranya semakin baik di mata publik.