Kaca Tempered untuk Bangunan dan Konstruksi

Kaca tempered adalah jenis kaca yang diproses dengan menerapkan perawatan termal dan kimia terkendali, sehingga dapat meningkatkan kekuatan. Transmisi cahaya dan sifat radiasi matahari dari kaca temper sama dengan kaca float. Kaca tempered juga disebut sebagai kaca pengaman atau kaca yang dikeraskan.

Kaca ini dikeraskan dengan memanaskan kaca biasa hingga mencapai suhu sekitar 700 * C, kemudian setelah kaca dipanaskan, proses selanjutnya adalah mendinginkan secara mendadak, dengan menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Nah, dari proses ini ada perubahan fisik pada kaca yang merupakan perubahan pada gaya tekan dan gaya tarik pada kaca, tetapi secara visual tidak ada perubahan.

Sebuah kaca dianggap tempered ketika tekanan pada permukaan kaca memiliki nilai minimum 69MPa. Jika nilai ini melebihi 100Mpa, maka kaca tersebut dianggap sebagai kaca pengaman. Karakteristik kaca temper ini membuatnya aman untuk aplikasi bertekanan tinggi dan tahan ledakan.

Berdasarkan standar yang dimiliki oleh ASTM C1048, kekuatan yang dimiliki kaca ini bahkan mencapai 5 kali dibandingkan dengan kaca biasa. Tekanan yang dimilikinya pun minimal sebesar 10.000 psi. Inilah yang menjadikan kaca ini pas digunakan sebagai material pembentuk bangunan yang memerlukan kekuatan di dalamnya.

Dibandingkan dengan kaca pada umumnya, kaca jenis tempered memiliki keamanan yang baik. Umumnya, kaca yang pecah biasanya menjadi kepingan kecil dengan sudut tajam, namun untuk kaca ini, saat pecah akan berubah menjadi kepingan dengan sudut yang tak tajam sehingga relatif aman. hal ini membuat harga kaca jenis ini lebih kuat.

Memiliki ketahanan yang sangat baik, bahkan di cuaca ekstrem sekalipun. Biasanya, kaca yang terkena panas secara terus menerus akan pecah, tetapi pada kaca ini, suhu panas yang diterima langsung menyebar, suhu kaca pun tetap dingin dan risiko pecahnya akan sangat kecil.

Kaca ini memiliki begitu banyak desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pemasangan kaca tidak melulu harus di depan rumah, Anda bisa menggunakan kaca ini untuk menambah kesan eksotis di dalam rumah.

 

 

Meski memiliki banyak keunggulan, kaca tempered juga memiliki banyak kelemahan. diantaranya adalah:

Penggunaan kaca ini untuk konstruksi tidak hanya digunakan untuk ruang interior. Area fasad juga banyak menggunakan kaca jenis ini. Ketahanannya menghadapi cuaca ekstrim dan terpaan sinar UV membuat kaca lebih banyak dipilih untuk fasad yang menarik.