Kampuh Las, Jenis dan Proses Pembuatan Kampuh Las

Kampuh Las, Persiapan dan Proses Pembuatan Kampuh. Kampuh merupakan bagian dari logam induk yang nantinya akan diisi oleh deposit las atau logam las (weld metal). Kampuh las awalnya adalah berupa gabungan las (weld pool)yang kemudian diisi dengan logam las.

Pada dasarnya dalam memilih bentuk kampuh harus menuju kepada penurunan logam las sampai kepada harga logam terendah dan tidak menurunkan mutu sambungan. Untuk kampuh–kampuh las pada saat pembakarannya dapat mengisi pada seluruh tebalnya plat.

Sebelum pengelasan dilaksanakan kampuh las harus melalui proses pengerjaan awal, karat, minyak, cat harus dihilangkan untuk memperoleh pembakaran yang baik, pada kampuh V dipakaielektroda dengan diameter yang kecil atau sesuai dengan besar sudut kampuh dan tebal plat yang akan dilas.

Pembuatan persiapan las dapat di lakukan dengan beberapa teknik, tergantung bentuk sambungan dan kampuh  yang akan dikerjakan. Teknik yang biasa dilakukan dalam membuat persiapan las, khususnya untuk sambungan tumpul dilakukan dengan mesin atau alat pemotong oksi asetilen (brander potong).

Mesin pemotong oksi asetilen lurus (Straight Cutting Machine) dipakai untuk pemotongan pelat, terutama untuk kampuh-kampuh las yang di bevel, seperti kampuh V atau X, sedang untuk membuat persiapan pada pipa dapat dipakai Mesin pemotong oksi asetilen lingkaran ( brander potong).

Namun untuk keperluan sambungan sudut yang tidak memerlukan kampuh dapat digunakan mesin potong pelat (guletin) berkemampuan besar, seperti Hidrolic Shearing Machine. Adapun pada sambungan tumpul perlu persiapan yang lebih teliti, karena tiap kampuh las mempunyai ketentuan-ketentuan tersendiri, kecuali kampuh I yang tidak memerlukan persiapan kampuh las, sehingga cukup dipotong lurus saja.

Untuk membuat kampuh – V dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: ƒ

 

Pembuatan kampuh U dan J dapat dilakukan dengan dua cara :

Setelah dilakukan persiapan kampuh, baru dirakit (dilas ikat) sesuai dengan bentuk sambungan yang dikerjakan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan las ikat (tack weld) adalah sebagai berikut : ƒ

 

Jenis–jenis kampuh adalah sebagai berikut

9. Kampuh sudut, kampuh sudut dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

10. Kampuh tepi kampuh ini hanya cocok untuk tebal kurang dari 3 mm. Perembesanyang sempurna tidak mungkin dapat dicapai Kampuh ini hanya digunakan untuk menahan beban kecil dan tidak digunakan untuk tegangan yang besar.

 

Source: Buku SMK kelas 10 dan Jurnal teknik Mesin