Koneksi Baterai Bank PLTS, Bagaimana Agar Efektif?

Koneksi Baterai Bank PLTS, Bagaimana Agar Efektif?. Di jantung sistem PV surya off Grid dan Hibrid terletak bank baterai; bank baterai dapat berupa satu atau beberapa baterai yang terhubung satu sama lain.

Baterai dihubungkan satu sama lain untuk meningkatkan:

(Ingat selalu daya = Volt x Ampere, atau W = V x A).

Anda dapat menghubungkan baterai baik secara seri atau paralel. Hal berikut terjadi jika baterai dihubungkan dengan cara tertentu:

Sejumlah baterai yang dihubungkan secara seri disebut string.

 

Jika Anda membutuhkan bank baterai yang besar, dan menggunakan baterai Deep Cycle 12V, disarankan untuk menggunakan maksimal sekitar 3 hingga 4 string dari 4 baterai, dengan string yang terhubung paralel. Jika Anda menggunakan lebih banyak, akan menjadi sulit untuk menyeimbangkan bank baterai (mis.Jaga agar tetap pada voltase yang sama).

Salah satu kesalahan umum dalam menghubungkan baterai secara paralel adalah menghubungkan semua baterai menjadi satu dan kemudian menghubungkan satu sisi bank baterai ke instalasi, seperti pada gambar.

 

Setiap lead memiliki ketahanannya sendiri. Ini berarti baterai bagian atas akan menghadapi banyak hambatan dan oleh karena itu akan memberikan arus yang lebih sedikit daripada semua baterai lainnya.

Jika bank baterai ini diisi, baterai bagian bawah akan diisi dengan arus dan tegangan yang lebih tinggi daripada baterai atas. Arus akan selalu memilih jalur dengan hambatan paling kecil.

Oleh karena itu, sebagian besar arus akan mengalir melalui baterai bagian bawah. Dan hanya sedikit arus yang akan mengalir melalui baterai bagian atas. Hasilnya adalah baterai bagian bawah bekerja lebih keras, dikosongkan lebih keras, dan diisi lebih keras. Ini berarti baterai bagian bawah akan rusak sebelum semua baterai lainnya.

Cara yang benar untuk menghubungkan beberapa baterai secara paralel adalah dengan memastikan bahwa jalur total arus masuk dan keluar setiap baterai sama. Ada 4 cara untuk melakukan ini:

Lebih detil lihat gambar bawah: