Konstruksi Offsite, Mengenal Sistem Konstruksi fabrikasi di Luar Lokasi

Konstruksi Offsite, Mengenal Sistem Konstruksi fabrikasi di Luar Lokasi. Konstruksi di luar lokasi adalah prosedur konstruksi yang melibatkan perencanaan, perancangan, fabrikasi, pengangkutan barang-barang bangunan buatan dan pemasangannya di lokasi dengan kecepatan tinggi dan penyelesaian akhir yang tinggi. Tingkat ketelitian ini jauh lebih baik daripada konstruksi di tempat.

Fitur dasar, proses, dan metode konstruksi di luar lokasi dijelaskan dalam artikel ini.

 

Konstruksi bangunan di luar kantor mencakup berbagai bahan, skala dan sistem, metode dan fabrikasi pembuatan inovatif, perangkat lunak digital dan teknik perakitan modern.

Keluaran dari konstruksi di luar lokasi memiliki elemen-elemen yang terprogram, panel dan termodulasi yang digunakan untuk berfungsi sebagai elemen struktural, elemen penutup dan elemen servis, atau sebagai sistem partisi interior.

Optimalisasi dalam konstruksi di luar lokasi dicapai dengan mengintegrasikan sistem-sistem ini dan rantai pasokan dengan penelitian, desain, pengujian, dan pembuatan prototipe yang tepat dan efisien.

Konstruksi Off Site paling cocok dalam kondisi berikut:

Ada berbagai bentuk konstruksi offsite yang biasa dilakukan diantaranya:

Dalam konstruksi volumetrik, unit tiga dimensi diproduksi di pabrik dan kemudian dibawa ke lokasi dan dikunci bersama. Bingkai yang dibangun dapat berupa baja, kayu atau beton. Pabrik memiliki sistem yang dikontrol kualitas untuk produksi sebagai bagian dari persetujuan pihak ketiga.

Konstruksi offsite hibrida menggabungkan pendekatan volumetrik dan panellised untuk mengembangkan satu bangunan. Oleh karena itu konstruksi ini juga disebut semi-volumetrik. Sistem hibrida adalah fasilitas gedung yang sepenuhnya dibuat atau dibuat di pabrik.

Ini adalah unit panel datar yang digunakan dalam bentuk dinding, lantai atau panel atap untuk membuat cangkang struktural yang lengkap. Unit panel ini dibangun di pabrik dan diangkut ke lokasi untuk dirakit sebagai struktur tiga dimensi atau agar sesuai dengan struktur yang sudah ada di lokasi.

Lantai struktural dan atap yang dibuat oleh pabrik juga disebut sebagai “kaset”. “Kaset” ini dapat berupa struktur bantalan beban atau struktur bantalan non beban.

Unit panel struktural ini dapat terbuat dari kayu, panel berinsulasi atau baja ringan atau beton atau dinding pengisi non-struktural. Semua jenis bangunan dapat menggunakan unit panel tersebut. Beberapa contoh komponen bangunan yang dibangun melalui sistem panel adalah jendela, bingkai kayu, isolasi, dan jendela.

Konstruksi berpanel dapat menggunakan panel terbuka, panel tertutup, panel beton, panel terisolasi, panel komposit, dan panel pengisi.

Sistem sub-perakitan adalah proses konstruksi offsite di mana komponen bangunan awalnya dibangun di lokasi di luar lokasi sebelum mereka secara permanen didirikan di lokasi. Elemen-elemen ini termasuk komponen bangunan, bahan, peralatan, dan suku cadang prefabrikasi.

Jenis konstruksi ini melibatkan pembuatan komponen bangunan kecil seperti rangka atap, pipa lantai, tangga, rangka atap, balok dan kolom beton pracetak.

Sistem sub-perakitan terdiri dari fondasi pra-fabrikasi, kaset lantai dan kaset atap.